Kompas TV nasional peristiwa

Tawon Vespa Ganas Bersarang di Rumah Warga, Petugas Damkar Basmi dengan Tangan Kosong

Kompas.tv - 22 Agustus 2021, 01:00 WIB
tawon-vespa-ganas-bersarang-di-rumah-warga-petugas-damkar-basmi-dengan-tangan-kosong
Ilustrasi tawon vespa affinis yang bersarang di rumah warga Tangerang hingga Unit Damkar turun melakukan pembasmian. (Sumber: SHUTTERSTOCK/YOD67)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

TANGERANG, KOMPAS.TV - Petugas Pemadam Kebakaran Ciledug, Kota Tangerang, Banten melakukan pembasmian sarang tawon vespa di sebuah rumah komplek Departemen Perdagangan Ciledug.

Proses pembasmian berlangsung dramatis.

Petugas segera datang dan menemukan sarang tawon vespa itu di bagian plafon lantai dua. Letak sarang ini menyulitkan petugas.

“Kesulitan kita di medannya. Medannya ini sulit karena berada di atas di lantai 2. Itu juga ada di plafon jadi mungkin mempersulit evakuasi kita,” kata Sarip Hidayat, Danru 1 UPT Ciledug pada Kompas TV, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Rizal Setiawan, Mahasiswa Hasilkan Omzet Puluhan Juta Dari Budidaya Burung Murai Batu

Untuk memindahkan sarang tawon, petugas sengaja menunggu waktu agak malam agar serangga itu pulang.

Lalu, petugas merakit tangga untuk menjangkau sarang tawon vespa itu. Seorang petugas damkar memanjat tangga tanpa pelindung kepala dan tangan.

Ia naik berbekal cairan pembasmi serangga dan pisau. Setelah menyemprotkan cairan pembasmi serangga, petugas langsung mendongkel sarang tawon itu.

Terakhir, petugas mencopot sarang tawon dari plafon rumah warga dengan tangan kosong dan memindahkannya ke plastik sampah.

“Proses evakuasi itu butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit dari persiapan sampai kita evakuasi karena itu kendalanya medan yang cukup sulit,” kata Sarip.

Sarip menyebut, tawon vespa itu relatif kecil. Meski begitu, ia mengakui tawon itu berbahaya dan dapat menyebabkan korban sengatannya meninggal.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x