Kompas TV nasional breaking news

26 WNI yang Dievakuasi dari Afghanistan Tiba di Indonesia

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 04:58 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Afghanistan telah tiba di Tanah Air, Sabtu (21/8/2021).

Pesawat TNI Angkatan Udara (AU) yang mengangkut WNI tersebut tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 03.09 WIB. 

Setelah pesawat mendarat, terlihat sejumlah tenaga medis yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, masuk ke dalam pesawat untuk mengecek kondisi para penumpang yang baru datang dari Afghanistan.

Dari pantauan Kompas TV, terlihat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga sudah standby di bandara untuk menyambut para WNI tersebut. 

Untuk diketahui tim evakuasi telah berhasil membawa sebanyak 26 WNI termasuk staf Kedutaan Besar RI

Selain WNI, terdapat lima warga negara Filipina dan dua warga negara Afghanistan (suami dari WNI dan staf lokal KBRI).

Sebelumnya, informasi pemerintah mengevakuasi WNI dari Aghanistan ini disampaikan Retno di akun Twitter miliknya. 

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU," tulis Retno, Jumat (20/8/2021). 

Retno menjelaskan, pesawat yang mengevakuasi WNI dari Kabul sempat singgah di Islamabad, Pakistan, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Indonesia.

Retno menambahkan, pesawat yang berisi tim evakuasi itu berhasil membawa sejumlah orang, baik dari sipil maupun staf KBRI. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x