Kompas TV nasional sosok

Mengenal Qyara Maharani Putri, Pembawa Sang Merah Putih di Upacara Penurunan Bendera

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 18:28 WIB
mengenal-qyara-maharani-putri-pembawa-sang-merah-putih-di-upacara-penurunan-bendera
Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas dalam upacara Peringatan HUT ke-76 RI dan penurunan bendera pusaka di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021). (Sumber: Dok. Sekretariat Presiden)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelaksanaan upacara penurunan bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, telah berjalan lancar, Selasa (17/8/2021).

Sore ini, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas adalah tim Indonesia Tumbuh, sebagaimana dikutip dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Dalam upacara tersebut, Qyara Maharani Putri dari Provinsi Jawa Barat dipercaya sebagai pembawa bendera Sang Merah Putih usai diturunkan.

"Saat ini, dara kelahiran Jakarta, 18 Desember 2004 tersebut sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Garut," dikutip dari siaran pers itu.

Baca Juga: Mengenal Sosok Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi, Komandan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-76 RI

Kemudian, anggota tim Indonesia Tumbuh lainnya yang dipilih utnuk menurunkan bendera adalah Komandan Kelompok 8 sekaligus perwakilan Provinsi Sumatera Barat, M Bimantara Widyanto.

Bersamanya, ada Haafiz Habibullah dari Provinsi Jawa Timur sebagai pembentang bendera dan Zaidaan Kamal Anwar dari Provinsi Jawa Tengah sebagai pengerek bendera.

Sementara itu, yang bertugas menjadi komandan upacara adalah Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi, lulusan Akademi Militer tahun 1999.

Kini, pria kelahiran Gresik, 22 April 1977 tersebut menjabat sebagai Komandan Brigif 26/Gurana Piarawaimo Kodam XVIII/Kasuari.

Baca Juga: Peringati Kemerdekaan RI, Google Doodle Tampilkan Ragam Kesenian Daerah di Indonesia

Selanjutnya, ada pula Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya yang kembali bertugas sebagai Perwira Upacara. 

Alumnus Akademi Militer tahun 1993 tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.

Upacara penurunan bendera Sang Merah Putih juga digelar dengan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran virus corona.

Sebagaimana upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang telah dilaksanakan Selasa pagi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x