Kompas TV nasional budaya

Peringati Kemerdekaan RI, Google Doodle Tampilkan Ragam Kesenian Daerah di Indonesia

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 17:33 WIB
peringati-kemerdekaan-ri-google-doodle-tampilkan-ragam-kesenian-daerah-di-indonesia
Tampilan Google Doodle bertema Hari Kemerdekaan Indonesia hari ini, Selasa (17/8/2021). (Sumber: Google)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mesin pencari Google Search ikut merayakan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menampilkan hiasan ilustrasi Doodle kesenian daerah hari ini, Selasa (17/8/2021).

Mengutip dari laman khusus Google, Doodle hari ini dibuat oleh ilustrator perempuan Indonesia, yaitu Kathrin Honesta.

Doodle yang dibuat Kathrin merupakan setiap huruf dalam Google yang digantikan dengan ilustrasi alat musik, pelaku seni, hingga topeng.

Baca Juga: Google Doodle: Selamat Hari Kemerdekaan dan Tetap Kuat Bersama, Indonesia!

Adapun alat musik yang digambarkan dalam Gooogle Doodle, yakni Sasando sebuah alat musik dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Alat musik tersebut dipakai untuk menjadi ilustrasi huruf "G". Diketahui, Sasando umumnya dibuat dari bambu dan daun lontar, kemudian diberi sembilan dawai.

Sementara itu, Kathrine membuat dua huruf "O" berupa orang yang sedang memainkan rebana dan topeng Hudoq Dayak dari Kalimantan.

Sementara itu, pada huruf "G" kedua, Kathrine menyisipkan ilustrasi seorang penari Pakarena dari Sulawesi dililit selendang.

Pada huruf "L" ilustrator Doodle membuat huruf dengan dihias alat musik tifa dari Maluku. Sedangkan, pada huruf terakhir, yaitu "E" dihias dengan ilustrasi seorang pemain orkes gambus Melayu yang merupakan seni budaya dari Sumatera.

Selain itu, di laman khusus Doodle, Google juga memamerkan salinan draf Doodle tentang kemerdekaan RI yang berisi gambar berbeda dengan yang dipajang di Google Search.

Baca Juga: Hari Kemerdekaan Indonesia 2021 di Laman Google Doodle, Ini Maknanya

Terdapat juga ilustrasi tumpeng, yang kerap disajikan saat perayaan ulang tahun, dalang sedang memainkan wayang lakon kemerdekaan, pemain gong, dan penari bali yang menggunakan selendang merah-putih.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x