Kompas TV nasional peristiwa

"Elang-elang" TNI AU Meriahkan HUT ke-76 RI dari Kokpit Pesawat Tempur

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 14:48 WIB
elang-elang-tni-au-meriahkan-hut-ke-76-ri-dari-kokpit-pesawat-tempur
Letkol Penerbang Agus Dwi Aryanto sebagai pimpinan penerbangan mengucapkan HUT ke-76 RI langsung dari kokpit pesawat F-16 Fighting Falcon yang dioperasikannya. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pesawat-pesawat tempur F-16 TNI AU menampilkan atraksi bagai sekelompok burung elang yang melewati langit Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Dengan call sign Garuda Flight mereka flypass membentuk Arrow Head Formation saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021.

Dari kokpit salah satu pesawat F-16 Fighting Falcon Letkol Penerbang Agus Dwi Aryanto memimpin penerbangan.

"Kami elang-elang Angkatan Udara menjaga Tanah Air dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik tahun 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Salam Swa Bhuwana Paksa. Merdeka," kata Letkol Penerbang Agus.

Letkol Penerbang Agus Dwi Aryanto diketahui merupakan alumni Akademi Angkatan Udara tahun 2002 yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 3.

Baca Juga: Kenakan Baju Hazmat, Ganjar Upacara HUT ke-76 RI Bersama Tenaga Kesehatan Donohudan

Tak lama setelah ucapan itu, delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang diterbangkan dari Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur melintas di atas langit istana negara. Kedelapan pesawat itu terbang beriringan dalam formasi Arrow Head serta melakukan manuver bomb burst pada ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut.

Melintasnya kedelapan pesawat-pesawat tempur itu diikuti enam helikopter dengan kode nama Nusantara Flight yang melintas di atas Istana Merdeka.

Dari keenam heli, dua bendera merah putih berukuran 20x30 meter berkibar-kibar. Tiap bendera dalam Nusantara Flight dikibarkan dari tiga helikopter yang terbang dalam formasi giant flight. Nusantara Flight dipimpin oleh Letnan Kolonel Ahmad M Mulyono, alumni Akademi Angkatan Udara tahun 2002.

Diberitakan sebelumnya, HUT Kemerdekaan RI diperingati pada 17 Agustus 2021 dengan menampilkan atraksi penerbangan militer untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan semangat juang. Terutama bagi seluruh bangsa dalam mengahadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ini Perjuangan Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa Berukuran 100x76 Meter!

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyatakan delapan pesawat tempur telah geladi selama beberapa hari terakhir di langit Istana Merdeka.

Indan juga menyebut momen Nusantara Flight yang membawa bendera merah putih raksasa dilakukan pertama kali oleh pesawat helikopter TNI AU. Sehingga, ini merupakan momen bersejarah juga bagi TNI AU.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x