Kompas TV nasional berita utama

Cair! Jokowi Resmi Berikan Bonus Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020, Greysia-Apriyani Dapat Rp5,5 M

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 12:15 WIB
cair-jokowi-resmi-berikan-bonus-peraih-medali-olimpiade-tokyo-2020-greysia-apriyani-dapat-rp5-5-m
Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus apresiasi bagi para atlet dan pelatih Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. (Sumber: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Kontingen Indonesia yang baru saja tampil di Olimpiade Tokyo 2020, di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (13/8/2021). 

"Alamdulillah kita patut bersyukur saudara-saudara tiba di Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat. Saya beserta seluruh rayat sangat bangga atas perjuangan dan kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Tokyo dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih," kata Jokowi. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi secara simbolis resmi memberikan bonus sebagai penghargaan dan apresiasi untuk para atlet peraih medali Olimpiade 2020. 

Seperti diketahui, Indonesia sukses membawa lima medali melalui cabang olahraga angkat besi dan bulu tangkis. 

Medali emas diraih pasangan bulu tangkis ganda putri, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Sementara medali perak berhasil disumbangkan oleh Eko Yuli Irawan di angkat besi putra kelas 61 kg.

Sedangkan medali perunggu yang masing-masing diperoleh Anthony Ginting di tunggal putra bulu tangkis, Windy Cantika Aisah di angkat besi putri kelas 49 kg, dan Rahmat Erwin dari angkat besi putra kelas 73 kg.

Berkat prestasi tersebut, pemerintah Indonesia pun memberikan bonus sebagai penghargaan dan apresiasi untuk para peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020. 

Baca Juga: Dibalik Kisah Sukses Apriyani Rahayu Bawa Pulang Medali Emas: Raket kayu dan Bekal Uang Rp 200 Ribu

"Atas prestasi yang diraih, pemerintah memberikan penghargaan berupa bonus, tapi mungkin angkanya tidak perlu saya sebut. Apa perlu saya sebut, karena situasinya pandemi? Tidak apa apa ya saya sebut," ujar Jokowi. 

"Untuk medali emas Rp5,5 miliar, peraih medali perak Rp2,5 miliar, kemudian medali perunggu Rp1,5 miliar," ungkap Jokowi menambahkan. 

Tak hanya para atlet peraih medali, Jokowi menyebut bonus juga diberikan kepada para pelatih dan atlet nonperaih medali.

Meski demikian, Kepala Negara enggan menyebut jumlah bonus yang diberikan pada mereka.

"Bonus juga diberikan kepada para pelatih, kemudian juga para atlet non-peraih medali juga diberikan. Ya cukup gede tapi enggak usah saya sebut," ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga berharap agar prestasi yang diraih para atlet di Olimpiade 2020 dapat memberikan inspirasi dan teladan bagi atlet dan masyarakat agar terus bekerja keras, terus berprestasi, dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

"Semoga prestasi ini bisa menjadi inspirasi dan teladan bagi para atlet dan semuanya agar bisa memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara," ucap Jokowi. 

Baca Juga: Soal Gantung Raket, Greysia Polii: Ada Kemungkinan Pensiun Untuk Waktu Ke Depan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x