Kompas TV nasional peristiwa

Test PCR Mahal Dibandingkan India, Kemenkes: Kalau Perlu Kami Evaluasi

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 08:42 WIB
test-pcr-mahal-dibandingkan-india-kemenkes-kalau-perlu-kami-evaluasi
Anang Hermansyah jalani Tes Swab PCR (Sumber: Instagram)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Kesehatan akan membuka masukan dan evaluasi terkait harga test PCR yang lebih mahal dibandingkan dengan India. 

"Pada waktu penetapan SE PCR tentunya sudah dilakukan konsultasi dengan berbagai pihak terkait termasuk auditor, jadi Kemkes tidak melakukan penetapan sendiri sama seperti penetapan HET(harga eceran tertinggi) obat," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Kamis (12/8/2021).

Menurut Nadia, pada prinsipsnya Kemenkes terbuka pada berbagai masukan bahkan bila perlu evaluasi harga tes PCR."Prinsipnya kami terbuka untuk berbagai masukan juga bila perlu dilakukan evaluasi tentang harga PCR ini," kata Siti Nadia.

Baca Juga: Mendag Lutfi Luruskan Ketentuan Hasil PCR Sebagai Syarat Masuk Mal

Sebagai perbandingan, harga tes PCR di India hanya  Rp 96 Ribu, di Indonesia Rp 900 Ribu untuk hasil tes selama satu hari. Bila hasil tes dua hari, harga lebih murah yaitu Rp800 ribu. Namun bagi sebagian masyarakat harga ini tetap saja memberatkan.

Sebelumnya, Anggota Komisi IX DPR dari PDIP Krisdayanti turut mengomentari harga tes PCR di India yang lebih murah dibandingkan di Indonesia.  

Baca Juga: Labarotorium Pcr Makassar Siap Beropersi 24 Jam

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan harga tes PCR relative berbeda-beda dan mahal, salahsatunya merek alat PCR-nya, merk reagen, fasilitas PCR juga mahal. Mulai dari investasi terkait prasarana dan fasilitas laboratoriumnya, aspek keselamatan nakes dan lain-lain," kata Krisdayanti kepada wartawan, Kamis (12/8/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x