Kompas TV nasional peristiwa

TNI AU Kerahkan Hercules C-130 untuk Kirim Alat Kesehatan ke Sumatera Barat

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 19:44 WIB
tni-au-kerahkan-hercules-c-130-untuk-kirim-alat-kesehatan-ke-sumatera-barat
Pesawat Hercules TNI AU melakukan bongkar muat berbagai bantuan Alat Kesehatan (Alkes) untuk dikirim ke wilayah Sumatera, Selasa (10/8/2021). (Sumber: Dok. Puspen TNI)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menunjukkan totalitasnya membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, memerintahkan pesawat jenis Hercules C-130 untuk mengirim berbagai bantuan Alat Kesehatan (Alkes) ke wilayah Sumatera, Selasa (10/8/2021).

Peswat Hercules dengan pilot Mayor Pnb Aleg Chandra dari Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta itu mengangkut bantuan sebanyak 175 koli alat kesehatan.

Terdiri dari alat oksigen konsentrator dan selang nasal cannula untuk dua wilayah di Sumatera, yaitu Padang dan Medan.

Baca Juga: TNI Bagi-Bagi Obat Gratis untuk Warga Isolasi Mandiri di Bantul

Selain mengangkut bantuan Alkes dari Panglima TNI, Pesawat Hercules milik TNI AU juga membawa bantuan dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia dengan rincian 50 alat oksigen konsentrator dan 1.000 pcs selang nasal cannula dikirim ke Lanud Sutan Sjahrir Padang, Sumatera Barat.

Ada juga 100 alat oksigen konsentrator dan 2.000 pcs selang nasal cannula dikirim ke Lanud Suwondo Medan, Sumatera Utara.

Sehari sebelumnya, Senin (9/8/2021) TNI juga mengirimkan bantuan Alkes dengan menggunakan Pesawat Hercules C-130.

"Adapun jenis barang yang dikirim berupa alat oksigen konsentrator dan selang nasal cannula untuk Provinsi Bangka Belitung," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH), Edys Riyanto melalui keterangan tertulis yang diterima KOMPAS TV, Selasa (10/8/2021).

Baca Juga: TNI - Polri dan Nakes Berjuang Lewati Medan Sulit untuk Vaksinasi di Wilayah Terpencil




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x