Kompas TV nasional politik

Harun Masiku Tak Kunjung Ditangkap, Anggota Komisi III: KPK Tak Boleh Kalah dengan Koruptor

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 12:51 WIB
harun-masiku-tak-kunjung-ditangkap-anggota-komisi-iii-kpk-tak-boleh-kalah-dengan-koruptor
Caleg DPR Dapil I Sumatera Selatan dari PDI Perjuangan (PDIP) Harun Masiku (Sumber: KPU.go.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mendesak agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serius dalam mengejar buronan Harun Masiku. 

Diketahui, politikus PDIP itu merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan Anggota DPR RI terpilih Tahun 2019-2024.

"Saya menyadari sepenuhnya untuk menangkap buron atau DPO seperti Harun Masiku memang butuh waktu dan effort. Namun buron Harun Masiku sudah cukup lama tidak ada progres yang jelas," kata Didik kepada KOMPAS TV, Senin (9/8/2021). 

Baca Juga: Demokrat: Kalau KPK Tak Sanggup Tangkap Harun Masiku, Sebaiknya Ungkap ke Publik

Menurut dia, bila lembaga antirasuah itu tetap tak menunjukkan progres dalam mengejar buronan tersebut, maka bisa diibaratkan kini KPK bisa ditundukkan oleh seorang koruptor. 

"Tidak bisa disalahkan jika masyarakat mempertanyakan keseriusan KPK dan aparat kita untuk menangkap Harun Masiku. Lebih dari itu masyarakat bisa berpandangan action will KPK yang tidak kunjung menangkap Harun Masiku ini bisa dianggap kalahnya KPK dan negara dengan koruptor," ujarnya. 

Politikus Partai Demokrat itu menyebut, bahwa dahulu banyak kasus korupsi yang mengakibatkan lahirnya seorang buronan, tapi KPK bisa menangkapnya juga. Namun, kini KPK terlihat tak berdaya ketika harus mengejar Harun Masiku.

"Tidak sedikit buronan kasus extra ordinary lain yang bisa ditangkap meskipun dilindungi jaringannya yang cukup kuat," katanya. 

Ia berharap demi integritas dan kredibilitas kelembagaan KPK dalam kasus Harun Masiku ini, atas nama hukum dan keadilan tidak ada jalan terbaik yang lain kecuali KPK segera membuktikan keseriusannya dalam memberantas korupsi ini dengan menangkap yang bersangkutan.

"Tentu kita sangat tidak menginginkan KPK lemah, kita tidak ingin kepercayaan dan dukungan masyarakat juga menurun terhadap KPK dan pemberantasan korupsi," kata dia. 

Menurutnya, bila KPK tak menunjukkan taringnya dalam menciduk Harun Masiku, maka dirinya pesimis Indonesia akan tercipta sebuah pemerintahan yang bersih dari korupsi.

Baca Juga: Tentang Tak Adanya Harun Masiku dalam Daftar Buron Interpol, KPK Dianggap Tak Serius

"Jika pemberantasan korupsi melemah, maka harapan kita semua terciptanya pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi akan semakin menjauh, jauh panggang dari api," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x