Kompas TV nasional kesehatan

Peringatan Luhut Untuk Warga Yang Isoman

Kompas.tv - 7 Agustus 2021, 00:35 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau warga yang tengah menjalani isolasi mandiri, untuk pindah dirawat di tempat isolasi terpusat atau isoter.

Hal ini ia sampaikan saat berkunjung ke Yogyakarta, pada Jumat Siang (6/8).

“Jadi saya pikir, bicara ke keluarga juga, yang isoman-isoman masih ada 380, itu dibawa sebanyak mungkin kemari. 10 hari negatif, nanti kembali lagi. Karena kalau tidak, itu akan menularkan ke orang lain, membuat orang lain bisa celaka. Ini semua masalah kemanusiaan”, ungkap Luhut saat memberikan keterangan pers.

Baca Juga: Baru Diresmikan Jokowi, Begini Fasilitas Rumah Sakit Modular Pertamina Untuk Pasien Covid

Ia beralasan, masuknya varian delta ke Indonesia membuat pandemi Covid-19 semakin parah, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih.

“Dari data-data kita, varian delta ini sangat ganas. Jadi kalau tidak cepat ditangani, nanti kalau saturasi oksigennya sudah di bawah 90, susah nanti”, tuturnya.

Menurutnya, mendapatkan perawatan di tempat isolasi terpusat lebih baik dari pada melakukan isolasi mandiri di rumah. Pasalnya, pasien Covid-19 akan mendapatkan perhatian dari tenaga kesehatan.

“Bapak ibuk sekarang bersyukur, karena sudah ada dokter, kesehatannya, ada makannya” ungkapnya.

Imbauan ini disampaikan lantaran banyaknya pasien Covid-19 yang meninggal saat isoman, karena tidak mendapatkan perawatan dari tenaga kesehatan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x