Kompas TV nasional berita utama

Wapres Luncurkan "Kita Jaga Kiai", Program untuk Lindungi Ulama dari Covid-19

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 09:03 WIB
wapres-luncurkan-kita-jaga-kiai-program-untuk-lindungi-ulama-dari-covid-19
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bersama beberapa lembaga meluncurkan program Kita Jaga Kiai untuk melindungi para ulama dan tokoh agama dari Covid-19. (Sumber: FB Anggoro)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wapres RI KH Ma’ruf Amin bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan program "Kita Jaga Kiai" untuk menjaga ulama, kiai dan ustadz dari Covid-19.

Program "Kita Jaga Kiai" diluncurkan secara daring, serentak di lima pondok pesantren, Senin (2/8/2021).

Kiai Ma'ruf mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir banyak kiai, ulama, pengasuh pesantren, cendekiawan, ilmuwan Indonesia serta santri yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 di lingkungan pesantren.

“Per 7 Juli 2021, berdasarkan data Kementerian Agama sudah ada 605 orang kiai dan ulama serta pengasuh pesantren yang dipanggil Allah. Program (Kita Jaga Kiai) ini salah satu bentuk penghargaan pemerintah dalam menjaga kesehatan para kiai dan pengasuh pesantren yang telah berjasa bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Wapres dikutip dari NU Online.

Wapres menambahkan, wafatnya para ulama merupakan musibah bagi umat karena ulama adalah pewaris ajaran dari Rasulullah SAW.

“Meninggalnya para kiai dan ulama adalah musibah yang tak tergantikan dan sebuah kebocoran yang tidak bisa ditambal. Wafatnya para kiai dan ulama laksana bintang yang padam. Meninggalnya satu suku lebih ringan daripada meninggalnya seorang ulama,” kata Wapres.

Baca Juga: Said Aqil Siradj: Tolong Saya Dibantu Menyadarkan Kiai yang Tidak Percaya Covid-19 dan Vaksin

“Termasuk mengawal para santri demi berkembangnya khazanah keilmuan di pesantren serta masyarakat sekitar. Para kiai dan ulama juga telah mengajarkan sikap patriotik, cinta Tanah Air (hubbul wathan) dan bela negara kepada setiap warga bangsa Indonesia,” jelas Wapres.

Kiai Ma'ruf juga menegaskan, peran besar para kiai, ulama, dan pesantren terhadap perjuangan kemerdekaan serta proses pembangunan bangsa Indonesia sangat besar yang bahkan tidak bisa dihargai dengan materi.

Tak lupa, Wapres turut mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi termasuk ormas dan seluruh lapisan masyarakat.



Sumber : NU Online


BERITA LAINNYA



Close Ads x