Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Resmi Terapkan Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Perjalanan Udara

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 10:40 WIB
pemerintah-resmi-terapkan-aplikasi-pedulilindungi-jadi-syarat-perjalanan-udara
Ilustrasi pesawat sebagai angkutan transportasi udara (Sumber: kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah mulai memberlakukan penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi menyebut peraturan ini akan berlaku sementara untuk penerbangan Jakarta-Bali-Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandar Udara Soekarno-Hatta.

“Penerapan sistem check in online dengan database hasil tes PCR dan vaksinasi sudah kita uji coba selama 2 minggu dan berjalan dengan baik. Mulai hari ini, kebijakan tersebut kita berlakukan secara resmi," kata Oscar dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Selasa (20/7/2021). 

Menurut penjelasannya, penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan udara ini bertujuan untuk menghindari bukti tes dan vaksinasi palsu.

Tak hanya itu, mekanisme tersebut juga memudahkan masyarakat dalam melakukan check-in secara online.

Baca Juga: Apakah Anda Ikut Menerima Vaksin Covid-19? Cek di PeduliLindungi dan Jangan Lupa Siapkan NIK KTP!

"Mekanisme ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak bepergian karena tidak perlu lagi menunjukkan dokumen hard copy yang dapat menimbulkan antrian dan kerumunan,” jelas Oscar.
 
Oscar menambahkan adanya aplikasi PeduliLindungi ini, bisa dipastikan hanya penumpang yang sehat yang bisa masuk ke dalam pesawat.

Sementara untuk semua data penumpang yang telah melakukan vaksinasi dan hasil pemeriksaan PCR/antigen, Oscar menyebut telah tersimpan dengan aman di big data Kemenkes yang diberi nama New All Record atau NAR.

"Seluruh big data NAR ini terkoneksi dengan aplikasi Pedulilindungi sehingga proses pengisian e-HAC yang selama ini sudah berjalan tidak akan berlaku lagi dan beralih ke aplikasi Pedulilindungi,” ucap Oscar. 
 
Dengan diberlakukannya kebijakan ini, kata Oscar, penumpang yang akan bepergian dapat melakukan pemeriksaan tes swab PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan Kemenkes.

Baca Juga: Pembuat Sertifikat Vaksin Covid-19 dan Surat Tes PCR Palsu Terancam 12 Tahun Penjara!
 
“Saat ini sudah ada sejumlah Lab yang terafiliasi dengan Kemenkes dan memasukkan data ke dalam NAR,  sehingga hanya hasil swab PCR dari lab tersebut yang dapat dipakai sebagai syarat penerbangan,” jelasnya. 

Menurut pemaparannya, dengan mekanisme baru ini pengecekan kesehatan penumpang dilakukan saat keberangkatan dan bukan saat kedatangan.
 
“Di situasi seperti ini, pengecekan hasil tes kesehatan perlu dilakukan secara ketat untuk memastikan penumpang pesawat benar-benar dalam keadaan sehat," kata Oscar.

Melalui integrasi sistem ini, Oscar menuturkan pihaknya juga dapat mendorong dan memantau pelaksanaan tes dan lacak secara real time sehingga akan membantu upaya penurunan laju penyebaran virus Covid-19. 

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Longgarkan PPKM Darurat, Jika Kasus Covid-19 Rendah



Sumber : Kompas TV/sehatnegeriku.kemkes.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x