Kompas TV nasional kesehatan

Menkes: Oksigen Konsentrator Bisa Dipinjam Pasien Isolasi Mandiri

Kompas.tv - 19 Juli 2021, 15:18 WIB
menkes-oksigen-konsentrator-bisa-dipinjam-pasien-isolasi-mandiri
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Sumber: Youtube Setpres)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Oksigen Konsentrator yang tiba di Indonesia, nantinya tidak hanya digunakan di rumah sakit, melainkan juga dapat dipinjam masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat hadir dalam rapat kerja bersama Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI secara virtual, dikutip Senin (19/7/2021).

"Nantinya, oksigen konsentrator bisa digunakan oleh masyarakat yang isoman di rumah-rumah," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi.

Baca Juga: Oksigen Konsentrator akan Digunakan untuk Terapi Sesak Napas Akibat Covid-19, Apa Itu?

Menkes juga menjelaskan, jika sistem dan model sudah resmi ditetapkan akan ada satu unit yang ditunjuk pemerintah untuk mengelola penyewaan. Kemudian, masyarakat yang akan meminjam cukup mendaftar secara online. Lalu, akan ada petugas yang mengantar dan mengambil, sesuai waktu sewa.

"Mereka daftar secara online, nanti kita pinjamkan. (Oksigen Konsentrator) diantar dan nanti kalo mereka sudah sembuh, oksigen konsentratornya diambil lagi. Kita bisa berikan ke yang lain," jelas Menkes.

Baca Juga: Kebutuhan Oksigen Meningkat, Menkes Andalkan Oksigen Konsentrator untuk Hadapi Lonjakan Covid-19

Hingga kini pemerintah masih terus mengupayakan stok Oksigen Konsentrator untuk penanganan lonjakan Covid-19 yang menyebabkan kebutuhan oksigen meningkat. Adapun barang tersebut didapat, tidak hanya dengan membeli barang impor. Pemerintah juga menerima bantuan baik dari pemerintah luar negeri, perusahaan luar negeri, dan pengusaha Indonesia.

Bantuan itu telah berdatangan antara lain dari Pemerintah Singapura, Perusahaan asal Taiwan yang ada di Indonesia PT Meiloon Industrial, Pemerintah Korea Selatan, dan Persatuan Emirat Arab.

Baca Juga: Akhirnya Sleman Punya RS Darurat Covid-19



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x