Kompas TV nasional politik

Luhut Binsar Pastikan Pemerintah Belum Putuskan Perpanjangan PPKM Darurat

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 19:34 WIB
luhut-binsar-pastikan-pemerintah-belum-putuskan-perpanjangan-ppkm-darurat
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, sekaligus Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Panjaitan memastikan pemerintah belum memutuskan perpanjangan PPKM Darurat.

Kata Luhut, hasil evaluasi PPKM Darurat dan apakah diperlukan perpanjangan akan dilaporkan pada Presiden Joko Widodo.

"Saya kira dalam 2-3 hari ke depan kita juga akan menurunkan secara resmi," kata Luhut melalui keterangan virtualnya, Sabtu (17/7/2021).

Kata Luhut, evaluasi soal PPKM Darurat sudah masuk dalam fase rileksasi. Ia mengatakan beberapa daerah telah mencapai mobilitas dan aktivitas masyarakatnya sudah cukup baik. Penambahan kasusnya sudah menurun.

"Penambahan dalam satu minggu ke depan walaupun mungkin masih akan naik dalam dua hari tiga hari ke depan tapi kalau tidak konsisten, saya melihat akhir Juli posisi kita akan semakin baik," jelas Luhut.

Baca Juga: Luhut: Virus Corona Varian Delta Tidak Bisa Dikendalikan

Oleh karena itu, Luhut mengimbau semua kalangan untuk bahu-membahu. "Saya minta teman-teman di semua tempat di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk bahu-membahu dan tempat lain penjuru Tanah Air untuk melawan varian delta ini," pinta Luhu.

Di awal keterangannya, Luhut mengatakan penanganan Covid-19 telah menemui berbagai kemajuan dalam hal penurunan motilitas dan aktivitas masyarakat.

"Dan hasil monitoring kami terhadap indikator Google Traffic, Facebook mobility telah terjadi penurunan yang cukup signifikan," katanya.

Namun, tambah dia, penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat tersebut tidak serta merta langsung menunjukkan penurunan penambahan kasus.

"Walaupun tiga hari belakangan ini terlihat data-data sudah mulai membaik, karena ada masa inkubasi penularan yang telah terjadi sebelumnya dan berbagai faktor lain," terang Luhut. 

Luhut menuturkan bahwa dari hasil penelitian dari berbagai institusi dibutuhkan waktu kurang lebih 14 sampai 21 hari untuk menurunkan kasus Covid-19.

"Saya ulangi, dibutuhkan waktu kurang lebih 14 sampai 21 hari untuk kemudian penambahan kasus ini bisa mulai melandai dan menurun," jelasnya.

Terakhir, sebagai Koordinator PPKM, Luhut menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas penanganan Covid-19.

"Dari dari lubuk hati yang paling dalam, saya ingin meminta maaf kepada seluruh Indonesia jika jawaban ini masih belum optimal. Saya berjalan bersama jajaran dan menteri kepala lembaga terkait akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa penyebaran delta ini bisa diturunkan," ungkap Luhut.

Baca Juga: Pengakuan Luhut: Corona Varian Delta Tak Bisa Dikendalikan



Sumber : KompasTV


BERITA LAINNYA



Close Ads x