Kompas TV nasional update corona

Pengakuan Luhut: Corona Varian Delta Tak Bisa Dikendalikan

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 23:42 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui virus Corona Varian Delta yang mendominasi pulau Jawa lebih dahsyat dari varian Alpha.

"Kalau kita lihat yang marun ini, itulah dia (varian Delta). Jadi hampir semua di Jawa ini kalau nggak boleh saya katakan, ya semua, itu dikontrol oleh varian Delta," kata Luhut dalam pemaparannya secara virtual pada Kamis, 15 Juli 2021.

Menurut Luhut varian Delta ini tak bisa dikendalikan.

"Nah ini saya mohon supaya kita paham, bahwa varian Delta ini varian yang tidak bisa dikendalikan," kata Luhut.

Luhut pun menyebut bahwa varian Delta ini lebih cepat menular dari varian sebelumnya. Bisa sampai 5 kali atau 6 kali lipat penularannya.

"Varian Delta ini, menurut yang saya baca, itu lebih hampir atau sekitar 6 kali lebih cepat dari varian alpha. Atau PSBB 1 dengan PSBB 2," kata dia.

"Ini dari studi yang saya tahu apakah 5 kali atau 6 kali tergantung siapa yang meneliti, tapi yang jelas jauh lebih dahsyat dari varian Alpha yang sebelumnya," lanjut Luhut.

Video Editor: Febi Ramdhani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.