Kompas TV nasional kesehatan

Begini Cara agar Warga Isoman Bisa Dapat Paket Obat Gratis dari Pemerintah

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 14:44 WIB
begini-cara-agar-warga-isoman-bisa-dapat-paket-obat-gratis-dari-pemerintah
Ilustrasi obat untuk pasien Covid-19. (Sumber: Freepik)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan perihal pemberian paket obat dan vitamin gratis untuk pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Hadi menuturkan, pembagian paket obat tersebut akan dilakukan berdasarkan data pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri yang dimiliki oleh puskesmas atau bidan-bidan desa.

"Sesuai prosedur, karena kita melaksanakan isolasi mandiri adalah berbasis desa, puskesmas atau bidan desa akan melakukan triase, membagi apakah mereka memang OTG, orang dengan gejala ringan, sedang atau berat,” kata Hadi seperti yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden Kamis (15/7/2021).

Sebab itu, Hadi meminta masyarakat yang melakukan isoman untuk melaporkan diri ke bidan desa atau puskesmas setempat sehingga dapat diberikan paket isoman tersebut.

“Saya imbau kepada masyarakat yang ada di desa, RT/RW, apabila memang ingin mendapatkan obat tersebut silakan langsung menyampaikan kepada bidan desa, kemudian petugas-petugas puskesmas." jelas dia. 

Baca Juga: Jokowi Luncurkan 3 Paket Obat Gratis untuk Pasien Covid-19 Isoman, Ini Rinciannya

Adapun syarat lainnya untuk mendapatkan paket obat gratis tersebut, yakni warga harus memiliki bukti hasil tes PCR positif dan tentunya tengah menjalankan isolasi mandiri. 

Nantinya jika sudah dinyatakan memenuhi syarat, warga atau keluarga diminta untuk menghubungi bidan desa atau petugas puskesmas setempat.

Hadi menuturkan paket obat gratis dari pemerintah ini akan diantar ke rumah warga yang tengah menjalankan isolasi mandiri.

"Setelah datanya ada, maka Babinsa akan memberikan paket obat tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan dan akan diantar dengan pendampingan bidan desa maupun petugas-petugas puskesmas,” ujar Hadi. 

Baca Juga: Jokowi Minta Pengawasan Ketat Penyaluran Paket Obat bagi Pasien Isolasi Mandiri

Di sisi lain, Panglima TNI memastikan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap pendistribusian Paket Obat Isoman Gratis untuk Rakyat.

"Harapan kita bahwa dengan kolaborasi antarinstitusi ini akan meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan isolasi mandiri,” ucap Hadi. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan pada tahap pertama, telah diluncurkan 300 ribu paket obat dan vitamin gratis untuk masyarakat yang melakukan isoman di wilayah Jawa dan Bali. Pada tahap berikutnya, akan dilanjutkan dengan 300 ribu paket lagi untuk yang di luar Jawa.

Adapun paket tersebut diperuntukan untuk orang tanpa gejala (OTG) dan pasien dengan gejala ringan.

Kepala Negara ini juga menegaskan bahwa paket obat vitamin bagi pasien Covid-19 yang menjalani Isoman gratis dan tidak diperjualbelikan. 

Baca Juga: Layanan Telemedicine dan Obat Gratis Pasien Isoman Dipermudah, Begini Alurnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x