Kompas TV nasional peristiwa

PPKM Darurat Kurangi Mobilitas Warga di Jawa-Bali, tapi Pantura Malah Meningkat

Kompas.tv - 13 Juli 2021, 23:30 WIB
ppkm-darurat-kurangi-mobilitas-warga-di-jawa-bali-tapi-pantura-malah-meningkat
Ilustrasi penyekatan di jalur Pantura, Rembang, Jawa Tengah. Mobilitas masyarakat di wilayah Pantura, Jawa Barat dan Jawa Tengah meningkat pada 11 Juli-12 Juli 2021. (Sumber: DOK. POLDA JATIM via Kompas.com)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Darurat membeberkan data mobilitas masyarakat di Jawa-Bali.

Ia mengatakan, data aktivitas warga pada 11 Juli-12 Juli 2021 menunjukkan penurunan mobilitas di sejumlah wilayah Jawa-Bali.

Namun, terjadi peningkatan pergerakan masyarakat di wilayah pantai utara (Pantura) Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Bantah Luhut, Pakar Pandemi Sebut Covid-19 di Indonesia sedang Sangat Tidak Terkendali

"Saya berharap beberapa hari ke depan, banyak wilayah-wilayah kuning (mobilitas masyarakatnya turun 20-30 persen) bertambah," ujar Luhut di Jakarta, Selasa (13/7/2021), dikutip dari Antara.

Rinciannya, DKI Jakarta mengalami penurunan mobilitas secara keseluruhan sebesar 21,3 persen. Lalu, wilayah Banten mengalami penurunan mobilitas 18,1 persen. 

Sementara, penurunan mobilitas di Jawa Barat hanya sejumlah 9,0 persen. Mobilitas masyarakat perlu turun lebih jauh untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 harian.

Pemerintah memantau penurunan mobilitas melalui tiga indikator, yakni Facebook Mobility, Google Traffic, dan Night Light dari NASA. 

Berdasarkan analisis historis, perlu penurunan mobilitas sebesar 30 hingga 50 persen untuk bisa menekan penyebaran Covid-19.

Agar mobilitas masyarakat turun, pemerintah terus melakukan evaluasi dan penyekatan di beberapa titik di wilayah Jawa dan Bali.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.