Kompas TV nasional kesehatan

Indonesia Terima 3 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Moderna Tahap Pertama dari Amerika Serikat

Kompas.tv - 11 Juli 2021, 22:41 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y. Kim, mengucapkan selamat kepada Indonesia atas kedatangan tiga juta dosis vaksin Covid-19 Moderna.

Vaksin ini merupakan pemberian Pemerintah Amerika Serikat, yang tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (11/7/2021).

Pemerintah Amerika Serikat akan memberikan satu juta dosis tambahan kepada Indonesia sebagai bagian dari tahap pengiriman vaksin ini.

Pengiriman ini merupakan bagian dari COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), sebuah inisiatif global untuk mendukung akses adil ke vaksin-vaksin COVID-19 yang aman dan efektif.

Dengan adanya pengiriman ini, maka Indonesia telah menerima lebih dari 11,2 juta dosis vaksin melalui COVAX AMC.

“Laju penyebaran penyakit ini yang begitu cepat telah memperlihatkan kepada kita bahwa tidak ada satu bangsa pun yang bisa bertindak sendirian untuk melawan pandemi global," ucap Dubes Kim.

"Amerika Serikat berkomitmen untuk melindungi nyawa orang-orang di Indonesia dengan bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan upaya vaksinasi,” pungkasnya.

Amerika Serikat telah menginvestasikan hampir 36 juta dolar untuk mendukung upaya Indonesia dalam menekan transmisi Covid-19, meningkatkan tes dan perawatan, serta menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu tentang pandem, agar setiap orang terlindungi dari penyakit ini.

Amerika Serikat juga telah mendonasikan 1.000 unit ventilator yang kini digunakan di lebih dari 600 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x