Kompas TV nasional peristiwa

Relawan Siaga Imbau Masyarakat Hati-Hati, Ada Pihak Mengatasnamakan Satgas Oksigen

Kompas.tv - 10 Juli 2021, 22:01 WIB
relawan-siaga-imbau-masyarakat-hati-hati-ada-pihak-mengatasnamakan-satgas-oksigen
Rapat persiapan Satgas Oksigen di DPP Relawan Siaga. (Sumber: Instagram/relawan_siaga)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Siaga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati, bila ada orang yang mengatasnamakan mereka ingin "menjemput dan mengisikan tabung oksigen secara gratis". Hal ini menyusul kabar beredar soal “Satgas Oksigen” di media sosial.

Pihak Relawan Siaga mengaku belum resmi meluncurkan “Satgas Oksigen” untuk membantu masyarakat yang membutuhkan oksigen dan obat-obatan di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Mereka pun menyesalkan informasi soal Satgas Oksigen itu sudah terlanjur beredar luas di media sosial.

Baca Juga: Ketua DPP Granat Jelaskan Hal yang Membuat Sindikat Narkoba Sulit Diungkap

“Benar bahwa DPP Relawan Siaga sedang persiapan terkait ‘Satgas Oksigen’ tersebut, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, namun saat ini masih dalam tahapan persiapan di internal dan ‘Belum Diluncurkan Secara Resmi kepada publik’ sehingga "Belum melakukan aksi di lapangan,” tulis DPP Relawan Siaga dalam rilis resmi, Sabtu (10/7/2021), dilansir dari akun Instagram @Relawan_Siaga.

Sebab itu, Relawan Siaga meminta seluruh pihak untuk berhenti menyebarkan foto atau gambar mengenai Satgas Oksigen.

Relawan Siaga juga memperingatkan masyarakat untuk berhati-hati, bila ada orang yang mengatasnamakan sebagai bagian dari Satgas Oksigen.

“Apabila saat ini ada oknum tertentu melakukan pengambilan tabung oksigen, kami pastikan hal tersebut bukan dari Relawan Siaga, untuk itu ‘Mohon Untuk Tidak Dilayani’,” ujar pihak Relawan Siaga.

Beredar di media sosial flyer mengatasnamakan Satgas Oksigen dari Relawan Siaga. (Sumber: Istimewa)

Baca Juga: Polda Metro Jaya Gelar Vaksinasi Corona Keliling Permukiman

Mereka menyebut masih membutuhkan waktu untuk mempersiapkan gerakan untuk membantu masyarakat. Namun nantinya, Relawan Siaga akan ikut membantu masyarakat, bila persiapan sudah selesai.

“Bila proses persiapan sudah final, DPP Relawan Siaga akan selalu siap membantu masyarakat yang saat ini memerlukan dukungan oksigen atau obat-obatan lainnya,” ujar pihak Relawan Siaga.

Pihak Relawan Siaga mengatakan sedang berkoordinasi dengan pemerintah agar dapat segera ikut membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ke depan nya kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah agar rencana tersebut segera terlaksana,” tulis Relawan Siaga.

Baca Juga: Kini Cek Obat di Apotek Bisa Lewat Aplikasi Farmaplus

Relawan Siaga adalah gerakan kemanusiaan yang berdiri sejak 10 November 2019. Saat itu, deklarasi Relawan Siaga dilakukan oleh Sandiaga Uno dan Letnan TNI (Purn.) Agus Sutomo.

Agus saat itu menyebut, Relawan Siaga dibentuk untuk membantu sesama warga yang membutuhkan. Relawan Siaga juga diniatkan menjadi wadah social entrepreneurship.

Rencananya, anggota Relawan Siaga dibekali aplikasi Real Time untuk membantu masyarakat, layaknya layanan 911 di Amerika.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x