Kompas TV nasional kesehatan

Lawan Varian Delta, Menkes Sebut Jokowi Ingin Vaksinasi Dapat Dipercepat hingga 5 Juta per Hari

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 13:28 WIB
lawan-varian-delta-menkes-sebut-jokowi-ingin-vaksinasi-dapat-dipercepat-hingga-5-juta-per-hari
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia. 

Menurut penuturannya, Jokowi ingin vaksinasi Covid-19 dilakukan dalam waktu dekat dengan jumlah 5 juta suntikan per hari. 

"Presiden mengharapkan agar 1 juta vaksinasi pada Juli ini bisa terus dicapai. Beliau mengatakan, pada Agustus target vaksinasi harus mencapai 2 juta perhari, kalau perlu dinaikan sampai 5 juta," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (6/7/2021). 

Sementara terkait pasokan vaksin Covid-19, Budi memastikan akan tercukupi. Pada Juli 2021 dia menuturkan Indonesia akan kedatangan 31 juta dosis vaksin. 

Sehingga dengan adanya ketersediaan vaksin tersebut, dia memperkirakan target 1 juta suntikan per hari di Juli dapat dicapai.

Baca Juga: Studi Terbaru: Varian Delta, 8 Kali Kurang Sensitif terhadap Antibodi Vaksin Covid-19

Lebih lanjut, Budi juga mengungkapkan pada Agustus 2021 Indonesia akan menerima 45 juta dosis vaksin Covid-19. 

 "Sehingga kita bisa menaikkan bisa 2 juta (dosis) per hari," ujarnya. 

Budi menyampaikan percepatan vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 yang masih tinggi. Terlebih terdapat varian Delta yang penularannya semakin cepat. 

"Kami juga sudah antisipasi karena varian Delta ini naik cepat, di mana kira-kira provinsi lain kemungkinan ada lonjakan lagi," jelasnya. 

Baca Juga: Cara Daftar dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun di Wilayah Jakarta

Sementara itu melansir dari laman covid19.go.id, pada Senin (5/7/2021), total masyarakat Indonesia yang telah mendapat suntikan vaksin dosis pertama, sebanyak 32.302.268 orang.

Adapun terdapat penambahan masyarakat penerima vaksin tahap pertama sebanyak 238.523 orang pada Senin kemarin. 

Sementara masyarakat yang telah mendapat vaksin Covid-19 dosis lengkap bertambah sebanyak 56.370 orang. Sehingga, total keseluruhannya mencapai 14.035.934 orang.

Perlu diketahui, target sasaran vaksinasi Covid-19 secara nasional yang dicanangkan pemerintah sebanyak 181.554.465 warga.  

Baca Juga: Lewat PPKM Darurat dan Peningkatan Vaksinasi, Daerah Cegah Lonjakan Pandemi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x