Kompas TV nasional sosial

JIExpo Kemayoran Tengah Disiapkan untuk Menampung Pasien Covid-19, Kapasitas 24 Ribu Orang

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 18:33 WIB
jiexpo-kemayoran-tengah-disiapkan-untuk-menampung-pasien-covid-19-kapasitas-24-ribu-orang
Ilustrasi varian baru Covid-19 diumumkan WHO sebagai Variant of Interest. Varian Lambda adalah varian virus corona dari Peru yang pertama kali teridentifikasi pada Agustus 2020. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Lightspring)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan pihaknya tengah melakukan penambahan fasilits untuk menampung pasien Covid-19, salah satunya ialah Jakarta International Expo atau JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

"Kami sekarang melakukan penambahan tempat penampungan, termasuk di JIExpo yang bisa menampung 24 ribu orang," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jumat (2/7/2021). 

Anies mengatakan, nantinya setiap wilayah di DKI Jakarta akan memiliki fasilitas penampungan pasien Covid-19 masing-masing yang dapat menampung 5.000 orang. 

"Masing-masing wilayah disiapkan untuk menampung 5.000 orang. Kita tidak ingin bila terpapar tidak terlindungi, tidak terlayani. Bawa, antar, kami akan siapkan," kata Anies. 

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menghubungi posko di Kelurahan jika menemukan warga yang dicurigai terpapar Covid-19. 

"Bila anda menemukan warga yang dicurigai terpapar hubungi posko, minta bantuan, jangan didiamkan. Bila didiamkan menular lebih banyak lagi," ujarnya. 

Baca Juga: Anies: Jakarta Siap Laksanakan PPKM Darurat

Anies menyampaikan kepada seluruh masyarakat DKI Jakarta bahwa saat ini Jakarta tengah dalam kondisi darurat dan genting karena penyebaran virus corona yang sangat tinggi selama dua pekan belakang. 

Namun, ia meminta masyarakat tetap optimistis dan percaya bahwa pemerintah hadir dan melindungi warganya. 

"Tetaplah optimistis bahwa negara tetap hadir, pemerintah hadir, dan pemerintah akan melindungi, akan mengayomi setiap warga yang mendapatkan masalah akibat Covid-19," kata Anies. 

Ia meminta para Ketua RT dan Ketua RW harus aktif untuk mengidentifikasi kasus Covid-19 di wilayahnya. Ia juga berharap masyarakat dapat membangun solidaritas sosial dan saling gotong royong dalam masa yang sulit ini.

"Dan saya minta kepada seluruh masyarakat, kini saatnya membangun solidaritas sosial, kini saatnya bergotong royong membantu apabila di kampungnya, apabila di kompleksnya, ada keluarga yang mengalami kesulitan. Mari kita saling tolong, mari kita saling bantu," kata Anies. 

Baca Juga: Kata Wagub DKI Soal Viral Surat Minta Sumbangan Dana Covid-19 ke Dubes

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x