Kompas TV nasional update

Pasien Covid-19 Membludak, Nakes RSUD Ponorogo Kewalahan

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 10:01 WIB

KOMPAS.TV - Dalam video amatir terlihat, sejumlah tenaga kesehatan di RSUD Ponorogo, tampak beristirahat di selasar Instalasi Gawat Darurat.

Tampak juga, ruang ICU dan isolasi di rumah sakit ini penuh oleh pasien.

Sejak sepekan terakhir, 54 tempat tidur untuk pasien covi-19 terisi penuh, sementara jumlah pasien terkonfirmasi positif covid 19 terus bertambah.

Ruang informasi dan selasar IGD Rumah Sakit pun terpaksa digunakan untuk merawat pasien covid-19 karena tak mendapatkan bed di ruang isolasi.

Sementara itu, hampir semua rumah sakit rujukan covid19 di Surabaya mengalami over kapasitas atau terisi 100 persen.

Di antaranya Rumah Sakit milik Pemprov Jawa Timur RSUD Dokter Soetomo Surabaya yang juga mengalami overload. Akibatnya, banyak pasien harus antre hingga di ruang IGD.

Data per tanggal 26 Juni, di ruang IGD rumah sakit rujukan Milik Pemprov Jatim ini telah merawat 330 pasien covid19 dari berbagai daerah dari kapasitas 270 pasien.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan telah menyiapkan sejumlah antisipasi terhadap potensi lonjakan pasien covid 19.

Selain menyiapkan rumah sakit darurat, Pemprov Jawa Tengah akan mengonsolidasi sejumlah kebutuhan dalam penanganan obat maupun tempat perawatan.

Ganjar juga memberi perhatian ketersediaan oksigen di Jawa Tengah .
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x