Kompas TV nasional sapa indonesia

Persiapan Jelang PON XX Papua 2021, Kesehatan Masyarakat Jadi yang Utama

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 21:36 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jadwal Pekan Olahraga Nasional – PON ke 20, di Papua tinggal 100 hari lagi.

Di tengah tingginya kasus positif pandemi covid-19, pemerintah optimistis PON 2021 Papua, tetap dapat digelar dengan aman.

Keyakinan itu diungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, merujuk kegiatan olahraga internasional seperti rencana Olimpiade Toky dan Piala Eropa yang tengah berlangsung.

Kesiapan venue kini diklaim rampung 100 persen, di empat klaster wilayah penyelenggaran, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali juga menyebut telah memvaksin seluruh atlet hingga official yang akan berlaga, untuk meminimalisir dari kemungkinan penularan covid-19.

Demi keamanan selama penyelanggaran PON, Wali Kota Jayapura mengakui telah menggalakkan vaksinasi untuk mencegah penularan covid-19.

PON XX Papua dinilai sebagai kebanggaan khusus masyarakat Papua dan seluruh fasilitas olah raga yang dibangun bertaraf internasional akan menjadi pusat pelatihan nasional, di kawasan Indonesia Timur.

PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan 679 pertandingan.

Sementara seluruh atlet yang akan berlaga, mencapai 6.484 dan berlangsung tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021.

Bagaimana persisnya kesiapan fisik dan non fisik penyelenggaran PON XX di Papua ini?  

Apa nilai PON ini bagi seluruh masyarakat Papua? Dan bagaimana memastikan even prestasi nasional ini tidak menjadi klaster penularan covid-19 di tengah pandemi saat ini? 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x