Kompas TV nasional kesehatan

PAN Minta Pemerintah Segera Fungsikan Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 18:38 WIB
pan-minta-pemerintah-segera-fungsikan-asrama-haji-jadi-tempat-isolasi-covid-19
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah diminta untuk segera memfungsikan seluruh asrama haji di Indonesia sebagai ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Permintaan ini kata Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, menyusul dengan tingkat keterisian rumah sakit yang semakin penuh dan terbatas. 

“Ada sebanyak 27 asrama haji di seluruh Indonesia dengan total 3.465 kamar yang bisa difungsikan menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid-19," kata Yandri dikutip dari laman DPR RI, Jumat (25/6/2021).

Menurut penuturannya dengan menggunakan asrama haji menjadi ruang isolasi pasien Covid-19 dapat menghemat anggaran dibandingkan dengan menggunakan hotel. 

Tak hanya itu, dengan tidak adanya jemaah haji tahun 2021, Yandri menuturkan asrama haji bisa difungsikan sepenuhnya sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Dia juga menuturkan mengatakan dana APBN yang disiapkan untuk haji bisa dilakukan refocusing sebagian guna pelayanan pasien Covid-19 di asrama haji.

Kementerian Agama bersama Kementerian Kesehatan dan pihak pihak lain yang terkait diminta untuk segera melakukan koordinasi perihal mengubah fungsi asrama haji menjadi ruang isolasi. 

Baca Juga: Erick Thohir Siapkan Fasilitas buat Dukung Perawatan Pasien Covid-19 di Asrama Haji Pondok Gede

Sementara itu, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi sebelumnya mengungkapkan 3.308 kamar dari 26 asrama haji di seluruh Indonesia siap dijadikan alternatif ruang isolasi pasien Covid-19. 

Zainut menyampaikan jumlah kamar di puluhan asrama haji tersebut dapat menampung 10 ribu pasien Covid-19. 

"Ada sebanyak 3.308 kamar yang siap digunakan untuk pasien Covid-19. Kira-kira dapat menampung sebanyak 10 ribuan orang," kata Zainut, Kamis (24/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Wamenag menegaskan selain kesiapan asrama, penting juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, BNPB, Kodam serta Dinas Kesehatan setempat.

Mengingat, Kementerian Agama (Kemenag) hanya menyediakan kamar asrama sebagai ruang isolasi.

"Sementara tenaga medis, obat-obatan, tenaga pengamanan dan konsumsi diserahkan kepada Pemda dan Dinas Kesehatan masing-masing," jelas Zainut.

Baca Juga: Wamenag Sebut 3.308 Kamar Asrama Haji Siap Digunakan untuk Ruang Isolasi Pasien Covid-19



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x