Kompas TV nasional peristiwa

Peringati Hari Yoga Internasional di Tengah Pandemi, PBB Usung Tema Yoga Untuk Kesehatan

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 13:20 WIB
peringati-hari-yoga-internasional-di-tengah-pandemi-pbb-usung-tema-yoga-untuk-kesehatan
Peringatan Hari Yoga Internasional PBB mengusung tema Yoga for Wellbeing atau Yoga untuk Kesehatan, Senin (21/6/2021) (Sumber: fizkes)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada 21 Juni tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Yoga Internasional. Peringatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan tubuh yang menyeluruh atau holistik.

Artinya, kesehatan tidak hanya memandang kesehatan fisik, melainkan menyeluruh mulai dari fisik, mental, dan sosial. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan holistik adalah dengan yoga.

Dalam peringatan di tengah pandemi ini, Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) mengusung tema "Yoga for Wellbeing" atau Yoga untuk Kesehatan. Tema ini dinilai penting, pasalnya di tengah pandemi Covid-19 seseorang sangat rentan kesehatannya, terutama kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

"Ini (tema) menyoroti kebutuhan mendesak untuk mengatasi dimensi kesehatan mental dari pandemi, di samping aspek kesehatan fisik," tulis pihak PBB dalam laman resminya dikutip Senin (21/6/2021).

Baca Juga: Kecilkan Perut dengan Yoga, Olahraga Ringan Bisa Dilakukan di Rumah

Tidak hanya sebagai pencegahan, Yoga juga cocok digunakan sebagai media perawatan psiko-sosia dan rehabilitasi pasien Covid-19 di masa karantina. Yoga dinilai cocok lantaran mampu membantu menghilangkan ketakutan dan kecemasan.

"Ini (yoga) sangat membantu menghilangkan ketakutan dan kecemasan," tambahnya.

Perlu diketahui, Yoga merupakan aktivitas fisik dan mental yang bersifat spiritual kuno berasal dari India. Kata 'Yoga' berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti 'bergabung' atau 'bersatu'. Yoga melambangkan penyatuan antara tubuh dan kesadaran.

Banyaknya warga yang memopulerkan Yoga dan dijadikan sebagai pilihan gaya hidup serta pilihan untuk menjaga diri untuk tetap sehat fisik, mental juga sosial.

Baca Juga: Gapai Ketenangan Batin, Perempuan Palestina Rajin Lakukan Olah Yoga

Kemudian, PBB menetapkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional sejak 2014 lalu. Peringatan ini pertama kali diusulkan dan diperkenalkan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pidatonya saat pembukaan pertemuan Majelis Umum ke-69.

Menurut Modi, Yoga adalah hadiah tak ternilai dari tradisi kuno India. Yoga mewujudkan kesatuan pikiran dan tubuh, pikiran dan tindakan. Modi menilai pendekatan holistik sangat berharga untuk kesehatan fisik dan mental.

Bahkan, Yoga bukan hanya tentang berolahraga, tapi juga cara untuk menemukan rasa 'menyatu' dengan diri sendiri, dunia, dan alam.

Baca Juga: Yoga Kurangi Cemas Dan Khawatir Karena Pandemi Covid-19



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x