Kompas TV nasional update

Covid-19 Indonesia Melonjak, Satgas: Tingkat Kepatuhan Disiplin Prokes Turun Drastis Sejak April

Kompas.tv - 20 Juni 2021, 21:55 WIB

KOMPAS.TV - Sempat mengalami puncak pada 30 Januari 2021, dengan penambahan 14.518 kasus per hari, kasus covid-19 sempat melandai hingga mencapai titik terendah pada 15 Mei dengan penambahan 2.385 kasus. Namun kasus covid-19 kembali melonjak hingga hari ini (20/6), bertambah 13.737.

Jakarta yang menjadi penyumbang terbanyak kasus positif covid-19 hari ini (20/6) mencatat penambahan, sebanyak 5.582 kasus tertinggi selama pandemi.

Lonjakan kasus membuat jumlah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet terus bertambah.

Hingga tadi pagi (20/6), tercatat 7.356 pasien yang dirawat.

Diprediksi dalam dua hari ke depan, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet akan penuh. Untuk itu, pasien tanpa gejala akan dipindahkan ke Asrama Haji dan Rusun Nagrak. Sementara Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet difokuskan untuk merawat pasien bergejala.

Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry Budiutomo Harmadi menyebutkan jika tingkat kepatuhan protokol kesehatan masyarakat Indonesia sudah mulai turun sejak April.

Hal ini dibuktikan dengan mobilitas warga yang naik dan diiringi dengan penurunan kedisiplinan protokol kesehatan.

Tren kasus positif covid-19 dalam beberapa waktu terakhir selalu menunjukkan kenaikan. Apakah Indonesia memasuki gelombang dua covid-19?

Simak dialog selengkapnya mengenai lonjakan kasus covid-19 di Indonesia bersama Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry Budiutomo Harmadi dan Prof Tjandra Yoga Aditama, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga Mantan Direktur WHO Wilayah Asia Pasifik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x