Kompas TV nasional hukum

Anggota Komisi III: Banyak Jaksa yang Main Proyek

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 15:49 WIB
anggota-komisi-iii-banyak-jaksa-yang-main-proyek
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi III DPR Benny K. Harman mengaku kerap mendapatkan keluhan ihwal adanya oknum jaksa di sejumlah daerah yang dengan sengaja diduga menyalahgunakan kewenangannya demi mendapatkan uang haram dari sebuah proyek. 

Politikus Partai Demokrat itu cukup menyesalkan sikap dari sejumlah jaksa yang tak berintegritas tersebut. Mereka menggadaikan nama baik sebuah lembaga negara demi mendapatkan fulus dari para pengusaha tersebut. 

Baca Juga: DPO 4 Tahun, Terpidana Korupsi Ditangkap Kejagung

"Teman-teman kita yang masih ikut-ikut permainan proyek. Jadi ada jaksa, apalagi APBN ini nitip proyek," kata Benny saat rapat bersama dengan Jaksa Agung di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/6/2021).

Ia menjelaskan, bila para pengusaha itu tak menjalani perintah dari para jaksa itu, mereka akan diseret ke kasus hukum dan statusnya akan menjadi tersangka.

"Jadi ada pengusahanya melalui jaksa titip proyek ini, kalau enggak di-tersangkakan,"

Ia menyebut, jaksa-jaksa nakal tersebut kerap bermain di sejumlah daerah yang mendapatkan dana dari APBN untuk membangun infrastruktur. 

Baca Juga: Kasus Korupsi Asabri, Kejagung Periksa Ahli, Tersangka, dan Enam Saksi

"Saya dapatkan banyak sekali keluhan semacam ini di daerah-daerah, terutama yang mendapatkan alokasi APBN begitu banyak untuk pembangunan infrastruktur, jalan, jembatan, proyek-proyek air minum bersih. Kalau bisa ini ditertibkan," ujarnya. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x