Kompas TV nasional agama

Yandri Tantang Rocky Gerung Debat Soal Pembatalan Haji

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 08:31 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pembatalan keberangkatan haji 2021 menuai reaksi tokoh publik, mulai dari tudingan tidak ada dana untuk memberangkatkan jemaah, hingga isu utang pemerintah Indonesia pada Arab Saudi.

Komisi VIII DPR pun membantah tudingan yang beredar.

Tantangan untuk berdialog, dilayangkan ketua komisi VIII DPR, Yandri Susanto kepada Rocky Gerung dan Rizal Ramli di tengah pro dan kontra pembatalan keberangkatan haji 2021.  

Yandri meminta keduanya tak menuding, ada alasan lain di balik keputusan pemerintah, agar tidak menyesatkan publik soal pembatalan haji.

Sebelumnya, di video yang diunggah di YouTube, Rocky Gerung mempertanyakan pembatalan keberangkatan haji 2021. 

Rocky menuding pemerintah Indonesia berutang pada Arab Saudi.

Ketua Komisi VIII DPR pun menegaskan batalnya pemberangkatan haji tahun 2021, karena pandemi covid 19 membuat pemerintah Arab Saudi belum memberi kuota haji dan belum menerima kembali penerbangan dari sejumlah negara termasuk Indonesia.

Senada dengan Komisi VIII DPR, Badan Pengelola Keuangan Haji juga menepis isu dana calon jemaah haji digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

BPKH mengklaim dana haji dikelola dengan baik dan memberikan manfaat lebih jika tidak ditarik oleh calon jemaah.

Yang jelas, keputusan sudah diambil. Kementerian Agama menyebut salah satu pertimbangan adalah keselamatan dan kesehatan di tengah pandemi covid-19.

Sementara untuk pengembalian dana haji, Kemenag memastikan akan melayani dan mempermudah pengembalian, dengan syarat membawa dokumen yang diminta.

Dalam waktu maksimal 2 minggu dari hari pengajuan, uang jemaah akan kembali ke rekening pribadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x