Kompas TV nasional peristiwa

Fakta Haji 2021, Otoritas Arab Saudi Belum Keluarkan Keputusan Soal Pelaksaan Haji 2021

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 08:59 WIB
fakta-haji-2021-otoritas-arab-saudi-belum-keluarkan-keputusan-soal-pelaksaan-haji-2021
Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah (Sumber: Agung Pribadi)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar Pelayan Dua Kota Suci untuk Republik Indonesia Essam Bin Ahmed Abid Althaqafi,  menepis isu soal 11 negara yang telah memperoleh kuota haji dari Kerajaan Arab Saudi tahun ini, yang di mana Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

Hal itu disampaikan Althaqafi melalui surat yang disampaikan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, tertanggal 3 Juni 2021, dan diterima KOMPAS.TV pada Jumat (4/6/2021).

"Sehubung dengan hal itu, saya menyampaikan fakta yang sebenarnya, seraya saya berharap agar kiranya dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak kedutaan atau otoritas resmi lainnya, baik di Kerajaan Arab Saudi atau di Inonesia guna memperoleh sumber-sumber yang benar dan terpercaya," kata Althaqafi dalam suratnya.

Baca Juga: Anggota DPR Usul Anggaran Penyelenggaraan Haji 2021 Direlokasi untuk Kebutuhan Lain

Lebih lanjut, Althaqafi menyebutkan bahwa otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi tidak pernah mengeluarkan kebijakan soal pemberian kuota haji 11 negara tersebut.

"Otoritas yang bekompeten di Kerajaan Arab saudi hingga saat ini, belum mengeluarkan intruksi apapun berkaitan dengan pelaksanaan haji Indonesia atau bagi para jemaah haji lainnya dari seluruh negara di dunia," jelas Althaqafi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily menyebutkan bahwa sudah ada 11 negara yang memperoleh izin dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan haji, dan Indonesia tidak termasuk dalam negera-negara tersebut.

"Hingga saat ini, belum ada keputusan resmi dari Arab Saudi tentang alokasi kuota haji untuk berbagai negara. Informasi yang ada adalah 11 negara sudah mendapat izin masuk Arab Saudi," kata Ace dilansir dari Kontan.co.id, Rabu (2/6/2021).

"Informasi resmi yang kami terima memang Pemerintah Arab Saudi telah memberikan izin masuk ke negara tersebut," sembung Ace.

Baca Juga: Keputusan Pembatalan Haji 2021 Dinilai untuk Menyelamatkan Masyarakat dari Pandemi Covid-19

Adapun daftar 11 negara yang sudah diizinkan masuk Arab Saudi yang dimaksud Ace adalah:

  1. Amerika Serikat
  2. Inggris
  3. Irlandia
  4. Italia
  5. Jepang
  6. Jerman
  7. Prancis
  8. Portugal
  9. Swedia
  10. Swiss
  11. Uni Emirat Arab

Baca Juga: Haji 2021 Batal, Kemenag: Biaya Haji Aman dan Bisa Diambil Kapan Saja

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x