Kompas TV nasional sapa indonesia

Penyebab Balita Mudah Tertular Penyakit Flu dan Batuk

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 10:10 WIB

KOMPAS.TV - Kembali bersama segmen Sehat di Tengah Pandemi, tempat anda bertanya seputar kesehatan anda, terlebih di saat anda ragu untuk ke rumah sakit akibat pandemi covid-19. 

Anda dapat melayangkan pertanyaan melalui Instagram @sapaindonesia_kompastv, sehari sebelum tayang atau melalui telepon interaktif saat ini di nomor 021-5366-0500.

Kali ini sudah ada dr. Sandi Nugraha Spesialis Anak yang akan menjawab pertanyaan seputar keluhan dan penyakit pada anak.

Berikut pernyataan terpilih yang masuk dari instagram dan akan dijawab langsung oleh dr. Sandi:

@arifagungmulyono : selamat pagi dokter. Dok, mengapa jika anak balita mudah sekali tertular penyakit flu dan batuk dok? Mohon penjelasannya dok. Makasih

@ardikardik : pagi dokter. Saya ardika, apakah bayi yang baru lahir dan selalu tumbuh ruam merah, apakah hal itu normal dok? Makasih

@muh.fajarali : selamat pagi dokter. Saya mempunyai anak usia 2 tahun dok. Anak saya ini sudah mulai menyukai memakan makanan apapun dok seperti snack dan gorengan. Jika anak saya ingin bab dia selalu menangis dok dan perutnya mengeras. Apakah kondisi anak saya saat ingin bab seperti ini wajar dok? Lalu hal apa saja yg harus saya lakukan saat anak saya kesulitan bab dok? Makasih

Jawaban: 

Sebagai informasi, sebelum usia 7 tahun, sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna. Selain itu, saluran pernapasan atas anak belum sepenuhnya berkembang. 

Inilah salah satu pemicu bakteri dan virus lebih mudah menyerang anak-anak. Di mana batuk dan pilek biasanya disebabkan oleh infeksi virus pada hidung, tenggorokan, dan sinus. 

Jadi, tak heran jika mereka bisa langsung meler dan batuk saat terpapar orang yang sedang sakit meski itu hanya sebentar saja. 

Simak penjelasan dan jawaban selengkapnya untuk pertanyaan lainnya dalam tayangan berikut ini.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x