Kompas TV nasional peristiwa

Anies Baswedan Ingatkan Semangat Persatuan di Hari Raya Tri Suci Waisak

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 16:11 WIB
anies-baswedan-ingatkan-semangat-persatuan-di-hari-raya-tri-suci-waisak
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan saat menyampaikan sambutan dalam Perayaan Tri Suci Waisak Walubi di Jakarta, Rabu (26/5/2021) (Sumber: Youtube/DPP Walubi)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/5/2021). 

Ketika memberi sambutan, Anies mengingatkan kembali mengenai semangat persatuan dalam umat yang beragam. 

"Saya ingin garis bawahi tentang bagaimana membangkitkan semangat persatuan. Kita adalah bangsa yang amat beragam," kata Anies, di JiExpo Kemayoran, Rabu (26/5/2021).

Anies mengatakan bahwa keberagaman adalah kodrat dari ciptaan Tuhan, karena itulah umat manusia harus mengusahakan persatuan. 

Menurut Anies, Indonesia dengan keberagamannya sangatlah unik dan tidak dapat ditemukan di negara lain. 

Ia kemudian membandingkan Indonesia dengan negara lain yang juga beragam, tetapi, yang membedakan Indonesia dengan negara-negara tersebut ialah persatuan Indonesia dengan keragamannya. 

"Saya sering menggarisbawahi, yang unik dari Indonesia bukan binekanya. Banyak bangsa lain lebih bineka dari Indonesia. Lihatlah India, lebih bineka dari Indonesia, lihatlah Tiongkok, lebih bineka dari Indonesia, bahkan, lihatlah Papua Nugini, lebih bineka dari kita, lebih banyak bahasanya, lebih banyak sukunya, lihatlah Afghanistan, lebih banyak bahasanya, lebih banyak sukunya," ucapnya. 

Baca Juga: Menag Ucapkan Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak, Ajak Seluruh Umat Terus Rawat Kerukunan

Anies mengatakan persatuan Indonesia merupakan hasil usaha bersama. Ia juga mengingatkan bahwa keragaman adalah pemberian Tuhan.

Jika mengangungkan apa yang diberikan Tuhan, kata Anies, maka sama seperti mengagungkan Tuhan. 

"Tapi yang membedakan yang harus kita banggakan dari Indonesia adalah persatuan Indonesia. Keragaman adalah ciptaan Tuhan, persatuan adalah usaha manusia. Persatuan itu hasil usaha kita, kalau keragaman itu diberikan Tuhan. Karena itu, kalau kita mengagungkannya, sama seperti mengagungkan ciptaan Tuhan," ucap Anies. 

Menurut Anies, rasa kesetaraan, kebersamaan, dan kerjasama perlu dibangun agar persatuan tertanam di diri masing-masing manusia. 

"Inilah yang harus kita dorong, persatuan Indonesia, persatuan yang ada di dalam diri kita, perasaan kesetaraan, perasaan kebersamaan, perasaan bekerja bersama-sama," ucapnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin: Selamat Hari Raya Waisak, Mari Amalkan Kebajikan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x