Kompas TV nasional sosial

Penyekatan Bagi Pemudik di Jakarta Diperpanjang Hingga 31 Mei 2021

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 13:37 WIB
penyekatan-bagi-pemudik-di-jakarta-diperpanjang-hingga-31-mei-2021
Proses pengamanan di posko penyekatan Polres Metro Tangerang Kota saat pelaksanaan larangan mudik di kawasan Jatiuwung, Kota Tangerang, Kamis (6/5/2021). (Sumber: TribunJakarta/Ega Alfreda)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyekatan di Jakarta bagi pemudik diperpanjang hingga 31 Mei mendatang. Rencana awal, penyekatan akan berakhir pada hari ini, Senin (24/5/2021).

"Diperpanjang sampai 31 Mei. Informasi sampai saat ini belum ada perintah untuk menghentikan penyekatan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Diketahui hingga hari ini pihaknya terus melakukan penyekatan, utamanya bagi para pemudik yang kembali ke Jakarta usai lebaran Idulfitri 1442 hijriah.

Baca Juga: Cegah Kerumunan Syawalan, Petugas Lakukan Penyekatan

Selain untuk tetap berjaga di posko penyekatan, Fadil juga meminta kepada jajarannya untuk melakukan deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan testing, tracing, dan treatment atau 3T.

"Turun ke lapangan lakukan deteksi, lakukan monitoring bekerja sama. Jika ada kasus segera lakukan langkah-langkah 3T secara maksimal dan optimalkan tiga pilar," tuturnya.

Dari penyekatan dan tes acak yang dilakukan hingga Senin pagi ini, tercatat ada 467 pemudik yang dinyatakan reaktif Covid-19.

Baca Juga: Posko Penyekatan Mendapati 192 Pemudik yang Kembali ke Jakarta Positif Covid-19

"Dari langkah-langkah penyekatan dan monitoring berbasis komunitas itu ada 476 sampai tadi pagi ya yang reaktif," terangnya.

Dari jumlah itu, sebanyak 75 orang dirujuk ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat untuk menjalani isolasi. Sementara peningkatan Covid-19 tertinggi di Jakarta terdeteksi di wilayah Jakarta Timur.

"Jumlah kasus aktif pasca mudik yang kami monitor yang tertinggi di DKI Jakarta di Jakarta Timur," pungkasnya.

Perlu diketahui, jumlah pasien di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat terus bertambah. Hingga Senin (24/5/2021) total pasien yang dirawat mencapai 1.305 orang.

Diketahui, sebelumnya pasien di Wisma Atlet hanya berjumlah 1.251 orang. Namun, hari ini bertambah 54 orang sehingga total keseluruhan menjadi 1.305 orang.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Sumatera Melonjak, Penyekatan Pemudik Diperketat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x