Kompas TV nasional peristiwa

Khawatir Pemudik Sebabkan Kerumunan Klaster Covid-19, Penyekatan di Bekasi-Karawang Dibuka

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 18:56 WIB
khawatir-pemudik-sebabkan-kerumunan-klaster-covid-19-penyekatan-di-bekasi-karawang-dibuka
Situasi di Pos Penyekatan Tanjungpura, Karawang, Selasa (11/5/2021) dini hari. Pihak kepolisian membuka Pos Penyekatan Kedungwaringin di Bekasi. (Sumber: KOMPAS.COM/FARIDA)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Deni Muliya

BEKASI, KOMPAS.TV - Polres Metro Bekasi membuka penyekatan di Kedungwaringin, perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Karawang pada Selasa (11/5/2021) dini hari untuk mengurai kerumunan.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengaku, pihaknya terpaksa melakukan hal itu untuk mencegah klaster kasus Covid-19.

“Bukan meloloskan, jadi mengurai kerumunan atau kemacetan yang sudah banyak,” ujar Hendra kepada awak media, Selasa.

Baca Juga: 6 Tahun Tak Ketemu Anak, Mantan TKI Ini Ngotot Mudik: Saya Tak Mau Putar Balik, Lebih Baik Dipenjara

“Bahasanya mengurai arus lalu lintas supaya tidak terjadi kerumunan, karena kita tidak hanya penyekatan mudik saja tapi juga harus urai kerumunan supaya tidak jadi klaster,” imbuh Hendra, dilansir dari Kompas.com.

Hendra mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pos penyekatan di Kabupaten Karawang, Subang, Purwakarta, dan seterusnya.

Ini adalah siasat polisi agar para pemudik bisa terjaring di pos-pos penyekatan selain di Kedungwaringin.

“Jadi semuanya melakukan kegiatan pemutarbalikan. Jangan semua tertumpu di Kedungwaringin. (Kemacetan dini hari di Kedungwaringin) sampai 1 kilometer, tapi kita putar balik. Sebagian putar balik di Karawang, sebagian Purwakarta. Jadi bertahap,” kata Hendra.

Ia mengklaim, cara ini efektif mencegah masyarakat mudik.

Para pemudik yang mayoritas mengendarai motor bisa melewati pos penyekata menuju karawang, berdasarkan pantauan sekitar pukul 02.20 WIB.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x