Kompas TV nasional politik

Polisi Bakal Lakukan Tes Swab Antigen untuk Buruh yang Ikut May Day

Kompas.tv - 30 April 2021, 21:35 WIB
polisi-bakal-lakukan-tes-swab-antigen-untuk-buruh-yang-ikut-may-day
Ilustrasi aksi may day yang diperingati tahunan setiap tanggal 1 Mei itu digelar serentak di seluruh dunia untuk menyuarakan kesejahteraan bagi buruh. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Polda Metro Jaya mengadakan tes swab antigen gratis kepada buruh yang akan menggelar aksi turun ke jalan dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau dikenal dengan May Day yang jatuh pada 1 Mei 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus tes swab antigen dilakukan di titik kumpul buruh yang sudah ditentukan.

“Di mana titik kumpul mau berangkat kita lakukan swab antigen, nanti tim akan datang ke sana dari Polres, Polda tim kesehatan akan ke sana menyiapkan swab," ujar Yusri, Jumat (30/4/2021).

Baca Juga: Jelang Peringatan May Day, Menaker Ida Sebut Ada Banyak Inisiatif Pemerintah untuk Buruh

Selain mengadakan tes swab antigen, akan ada 6.394 aparat gabungan dari Kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah dikerahkan untuk mengawal dan pengamanan aksi peringatan May Day.

Menurut Yusri aparat gabungan tersebut akan disebar ke semua tempat yang menjadi sasaran aksi massa di Hari Buruh Internasional.

Yusri juga menjelaskan jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah untuk menyesuaikan situasi di lapangan.

“Jadi kami siapkan 6.394 personel. Semua ini bukan hanya di tiga tempat, karena hampir semua tempat-tempat itu juga membuat kegiatannya," ujarnya.

Baca Juga: Jelang May Day, Satgas Covid-19 Ingatkan Aktivitas Kerumunan Berpotensi Menularkan Virus

Sejumlah organisasi buruh berencana melakukan aktivitas di Hari Buruh Internasional. Salah satuya yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Presiden KSPI Said Iqbal berharap kepolisian dapat memberikan izin untuk buruh dalam melakukan aksi saat May Day.

Menurut Said Iqbal buruh yang akan turun ke jalan telah berkominten untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga: Besok Peringatan May Day, Said Iqbal Nyatakan Aksi Besar-besaran di Jakarta dan Berbagai Daerah

Rencananya akan ada 50 ribu buruh yang ikut dalam aksi saat May Day. Namun, jumlah tersebut tidak dipusatkan di satu titik saja. Aksi buruh akan digelar serentak di 24 provinsi, 200 kabupaten/kota dan 3.000 pabrik.

Untuk aksi di tingkat nasional bakal dipusatkan di sekitar Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara atau di bundaran Patung Kuda. Kemudian Gedung Mahkamah Konstitusi di Jalan Medan Merdeka Barat, serta Kantor International Labour Organization (ILO).

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x