Kompas TV nasional kriminal

Aset Sitaan Tersangka Korupsi Asabri Rp10,5 Triliun, Kejagung Masih Kejar Rp13,2 Triliun

Kompas.tv - 16 April 2021, 10:00 WIB
aset-sitaan-tersangka-korupsi-asabri-rp10-5-triliun-kejagung-masih-kejar-rp13-2-triliun
Mobil Ferrari F12 Berlinetta milik HH, tersangka kasus korupsi Asabri yang disita Kejaksaan Agung. Kejagung terus menyita aset para tersangka korupsi terbesar baru-baru ini. (Sumber: Kejaksaan Agung)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kejaksaan Agung masih terus melakukan penghitungan, penelusuran dan penyitaan aset para tersangka korupsi pengelolaan dana investasi dan keuangan PT ASABRI (Persero). Sejauh ini, Kejagung telah menyita aset dengan nilai kira-kira Rp10,5 triliun.

Kepada awak media Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung Febrie Adriansyah mengatakan, penyidik sedang melakukan pemberkasan para tersangka. Nantinya, berkas itu akan dilimpahkan ke jaksa penuntut umum.

"Ya sekarang kan persiapan pemberkasan ya, sekarang sudah Rp 10,5 triliun," ujar Febri di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Kejaksaan Agung Sita Mobil Lexus di Kasus ASABRI yang Diduga Rugikan Negara Rp23 Triliun

Febrie mengungkapkan, Kejagung menyita aset-aset, seperti kapal tongkang, tanah, dan tambang dari para tersangka. Selain itu, ada pula sitaan barang mewah, antara lain mobil, apartemen, dan bus.

Menurut Febrie, pihaknya masih terus menelusuri dan menyita aset-aset milik tersangka. Hal ini untuk menutupi kerugian negara akibat korupsi yang mencapai kisaran Rp23,7 triliun.

Angka ini adalah kerugian terbesar di antara kerugian karena kasus-kasus korupsi yang terungkap beberapa tahun terakhir. Kerugian karena korupsi ASABRI bahkan lebih besar 10 kali lipat daripada korupsi E-KTP yang mencapai Rp2,3 triliun.

Kerugian akibat kasus korupsi ini juga melampaui kerugian dari korupsi PT Jiwasraya (Rp16,8 triliun) dan korupsi BPJS Ketenagakerjaan (Rp20 triliun).

Baca Juga: Tim Penyidik Kejagung Periksa Adik Benny Tjokro sebagai Saksi Kasus Korupsi Asabri

Salah satu aset tersangka korupsi ASABRI yang disita Kejagung adalah tanah seluas 220 ribu meter persegi milik PT Batu Kuda (RIMO) di Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.