Kompas TV nasional agama

Ini 11 Poin Panduan Ibadah Ramadhan Idul Fitri 1442 Hijriah dari Menag Yaqut Cholil

Kompas.tv - 5 April 2021, 21:43 WIB
ini-11-poin-panduan-ibadah-ramadhan-idul-fitri-1442-hijriah-dari-menag-yaqut-cholil
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran yang berisi panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021 atau 1442 hijriah. (Sumber: Kementerian Agama)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan panduan ibadah selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2021 atau 1442 Hijriah.

Panduan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 03 tahun 2021. Menag Yaqut menandatangani surat edaran itu Senin (5/4/2021).

Yaqut menilai, kondisi pandemi Covid-19 membutuhkan antisipasi lebih. Sebab itu, pihaknya mengeluarkan panduan agar ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021 tak menyebabkan penularan virus Corona lebih luas.

Baca Juga: Mulai dari Kemenag, Muhammadiyah dan NU, Berikut Link Cara Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021

“Surat Edaran ini bertujuan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19,” kata Menag Yaqut dalam keterangan tertulis, dikutip dari Kompas.com.

Menag Yaqut mengirimkan surat edaran itu pada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Ketua Badan Amil Zakat Nasional, Kepala Kankemenag Kab/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Indonesia, serta para Pengurus dan Pengelola Masjid dan Mushala.

“Surat edaran ini melingkupi berbagai kegiatan ibadah yang disyariatkan dalam bulan Ramadhan dan dilakukan bersama-sama atau melibatkan banyak orang,” tambah Yaqut.

Berikut isi panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 sesuai Surat Edaran No. 3 Tahun 2021: 

1. Umat Islam, kecuali bagi yang sakit atau atas alasan syar'i lainnya yang dapat dibenarkan, wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan sesuai hukum syariah dan tata cara ibadah yang ditentukan agama. 

2. Sahur dan buka puasa dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Baca juga: Selain Tarawih, Pemerintah Juga Izinkan Shalat Idul Fitri 1442 H Berjemaah 

3. Dalam hal kegiatan buka puasa bersama tetap dilaksanakan, harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan. 

4. Pengurus masjid/musala dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah antara lain: 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x