Kompas TV nasional sosial

Mengenal Apa Itu Zirkon, Muatan 8 Kontainer Tujuan China yang Ditahan di Pangkalbalam

Kompas.tv - 5 April 2021, 19:45 WIB
mengenal-apa-itu-zirkon-muatan-8-kontainer-tujuan-china-yang-ditahan-di-pangkalbalam
Pemilik tongkang memantau pekerja memindahkan pasir zirkon salah satu mineral yang terkandung pada Rare Earth Elements.  (Sumber: Posbelitung/Suharli)
Penulis : Fadhilah | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Zirkon tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Hal itu setelah adanya delapan kontainer bermuatan Zirkon tujuan China tertahan di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel).

Lantas apa itu Zirkon? Berikut ini penjelasan mengenai zirkon, pengertian zirkon hingga kegunaannya.

Zirkon adalah batu yang terbuat secara sintetis dari zirkonium oksida, berwarna bening, cokelat, biru, abu-abu, hijau, atau merah. Batu mineral ini banyak digunakan sebagai material aksesori.

Baca Juga: Ekspor 200 Ton Zirkon ke China Dihentikan, Diduga Banyak Kandungan Mineral Lain

Selanjutnya, zirkon juga sebagai mineral silikat dengan rumus kimia ZrSiO4, merupakan sumber utama logam zirkonium, terakumulasi sebagai endapan pasir pantai, digunakan sebagai pasir cetak, batu permata, batu tahan api, keramik, dan paduan logam.

Repo-nkm.batan.go.id yang dikutip Tribunnews menyatakan, sumber daya mineral zirkon banyak terdapat di Indonesia, termasuk di Kalimantan, Sumatera, dan Bangka Belitung.

Sementara hasil olahan zirkon banyak dimanfaatkan untuk industri keramik, refraktori, hingga pewarna.

Tentang Zirkon

Melansir Bangkapos.com, Santi Dwi Pratiwi, alumnus SMA Negeri 1 Manggar, lulusan sarjana geologi Trisakti Jakarta pernah menjelaskan apa itu zirkon.

Menurutnya, zirkon merupakan batu mineral dengan beberapa macam warna.

Adapun rumus kimia Zirkon adalah ZrSiO4 (zirkonium silikat), bobot jenis 4-4,8, kekerasan 7-7,5, mempunyai kemampuan mendispersikan cahaya sehingga kelihatan berkilauan yang hanya kalah dari kilauan intan.

Baca Juga: Pasca Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Menteri ESDM MInta Pertamina Tingkatkan Pengamanan

Muatan zirkon pada 8 kontainer yang akan diekspor ke China Tertahan di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang Bangka Belitung (Babel). (Sumber: Bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Kegunaan Zirkon

Kegunaan mineral zirkon, di antaranya, sebagai batu setengah permata, bahan untuk perhiasan dan abrasif (ampelas), bahan lapisan anti gores keramik, bahan anti korosi dan penahan panas (refraktori dan foundri).

Unsur ini banyak digunakan oleh industri kimia, di mana agen korosif digunakan.

Zirconium digunakan sebagai getter dalam tabung vakum, sebagai agen pencampur logam dalam baja, peralatan bedah, primer peledak, filamen bola lampu pijar, dan rayon spinnerets.

Saat ini, Santi melanjutkan pendidikan Master Course Applied Earth Sciences Institute of Applied Earth Sciences, Faculty of Engineering and Resource Science, Akita University, Jepang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x