Kompas TV nasional update

Hutama Karya Rutin Perbaiki Tol Trans-Sumatera Demi Pastikan Keamanan Jelang Ramadhan

Kompas.tv - 5 April 2021, 17:18 WIB
hutama-karya-rutin-perbaiki-tol-trans-sumatera-demi-pastikan-keamanan-jelang-ramadhan
Ilustrasi jalan tol (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Hutama Karya (Persero) memastikan kondisi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) aman untuk digunakan jelang Ramadhan dan libur Lebaran 2021.

"Kami secara rutin melakukan inspeksi kondisi jalan tol dan melakukan perbaikan jalan tol," kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam keterangannya, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (05/04/2021).

Koentjoro menjelaskan, saat ini ada beberapa titik yang sedang dalam proses perbaikan dan salah satunya yakni Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, terutama jalur menuju pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga: Gibran Minta Warga di Perantauan Tidak Mudik

Sedangkan untuk Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung perbaikan dilakukan di KM 140, KM 187-191, KM 240, dan KM 257.

Sementara pada Ruas Pekanbaru-Dumai dilakukan pemadatan dan penanaman rumput di sisi luar jalan area Seksi 2 dari Minas hingga Kandis Selatan, serta perbaikan jalan di Seksi 5 dari Pinggir hingga Bathin Solapan termasuk rest area-nya.

Dari beberapa kerusakan jalan tersebut, penanganan yang paling sering dilakukan yaitu scrapping, filling dan overlay (SFO) atau pengupasan lapis permukaan perkerasan jalan untuk diganti dengan hotmix yang baru dan rekonstruksi perkerasan rigid.

Baca Juga: Viral Truk Kontainer Evergreen Blok Jalan Tol, Netizen Sebut Mirip Kapal Kargo di Terusan Suez

Selain itu, Koentjoro juga memastikan, tol sepanjang 530 kilometer yang sudah beroperasi di JTTS siap untuk dilalui oleh pengguna jalan.

Manajemen perusahan mengaku, perbaikan jalan tol ini merupakan bentuk antisipasi apabila terjadi peningkatan volume kendaraan meski larangan mudik sudah dikeluarkan oleh pemerintah.

“Kami mendukung secara penuh arahan pemerintah untuk tidak mudik, namun kami merasa perlu tetap dilakukan persiapan guna mengantisipasi adanya lonjakan lalu lintas kendaraan mengingat saat ini masyarakat telah menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan sebagian besar masyarakat juga sudah diberikan vaksin,” ujarnya.

Baca Juga: Pemprov Jateng Imbau Warga Perantau Tidak Mudik

Koentjoro menerangkan bahwa Hutama Karya akan bekerja sama dengan pihak Kepolisian, TNI, Basarnas, dan Dishub daerah setempat guna mempersiapkan momen Ramadhan dan Idul Fitri 2021 ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x