Kompas TV internasional kompas dunia

Viral Truk Kontainer Evergreen Blok Jalan Tol, Netizen Sebut Mirip Kapal Kargo di Terusan Suez

Kompas.tv - 28 Maret 2021, 16:57 WIB
viral-truk-kontainer-evergreen-blok-jalan-tol-netizen-sebut-mirip-kapal-kargo-di-terusan-suez
Sebuah truk yang membawa kontainer pengiriman "Evergreen" menjadi viral di media sosial karena kesamaannya dengan kapal kontainer yang juga bertuliskan "Evergreen" yang terjebak di Terusan Suez awal pekan ini.(Sumber: Mothersip.sg)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

TIANJIN, KOMPAS.TV – Viral sebuah truk kontainer bertuliskan Evergreen yang mengalami kecelakaan di Jalan Tol Changsen, Tianjin dan kemudian membuat macet jalan tol tersebut.

Kejadian kecelakaan itu kemudian disamakan dengan insiden kapal kargo Ever Given yang kandas di Terusan Suez dan menghalangi akses di salah satu jalan kapal tersibuk di dunia itu.

Melansir media Singapura, Mothership, truk yang membawa kontainer bertuliskan Evergreen itu mengalami kecelakaan di Jalan Tol Changsen, Tianjin, China pada Sabtu (27/3/2021).

Dalam foto tersebut terlihat, truk yang mengalami kecelakaan itu menghalangi mobil lain yang juga melaju di jalan tol.

Baca Juga: 320 Kapal Menumpuk di Terusan Suez, Dua Tugboat Tambahan Dikerahkan untuk Mengeluarkan Ever Given

Kata Evergreen yang tertulis di kontainer itu membuat banyak netizen yang kemudian menyamakannya dengan insiden kapal kargo Ever Given yang kandas di Terusan Suez dan menyebabkan tertutupnya akses jalan bagi kapal lain.

Diketahui kapal kargo itu juga bertuliskan Evergreen di lambung kapal.

Tak hanya soal dua kendaraan yang mempunyai tulisan kata Evergreen, hal luar biasa lainnya adalah kedua truk dan kapal itu menghadap ke arah sisi kanan mereka, dan berhenti pada sudut sekitar 45 derajat.

Evergreen sendiri sebenarnya adalah nama dagang dari Evergreen Line yang juga dimiliki lima perusahaan lain salah satunya perusaahaan pelayaran Evergreen Marine Corp (Taiwan) Ltd.

Baca Juga: Ever Given Masih Nyangkut di Terusan Suez, Lalu Lintas Maritim Macet, Banyak Kapal Putar Haluan

Namun, baik Evergreen Marine Corp maupun perusahaan afiliasinya dari Evergreen Line kemungkinan tidak ada hubungannya dengan kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol Chanseng

Menurut China Times, Evergreen mengatakan bahwa mereka tidak mengoperasikan bisnis trailer di Cihna Daratan, dan mereka hanya bertanggung jawab untuk transportasi melalui laut.

Transportasi darat, di sisi lain, akan diatur oleh pemilik kargo dalam kontainer. Ini berarti bahwa jalur pengiriman tidak bertanggung jawab atas kecelakaan di jalan raya.

Baca Juga: Kapal Kargo Ever Given Masih Nyangkut di Terusan Suez, Ini Detail Upaya Pembebasannya

Atas kesamaan yang luar biasa itu, para netizen mengeluarkan candaan bahwa cakupan dari Evergreen "komprehensif", karena tak tanggung-tanggung bisa memblok jalur laut dan darat.

Informasi terbaru, dua kapal tunda (tugboat) tambahan melaju hari Minggu, (28/3/2021) ke Terusan Suez Mesir untuk membantu upaya pembebasan kapal Ever Given yang sudah terjepit berhari-hari saat melintasi jalur air penting tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x