Kompas TV nasional sosial

Berlaku Mulai April 2021, Ini Cara Terbaru Dapatkan Diskon Listrik PLN

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 11:02 WIB
berlaku-mulai-april-2021-ini-cara-terbaru-dapatkan-diskon-listrik-pln
Ilustrasi: listrik PLN. (Sumber: dok PLN))
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV – Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali akan memberikan stimulus diskon listrik periode April-Juni 2021.

Meski begitu, mulai April 2021 ada perbedaan dalam skema bantuan diskon listrik yang diberikan oleh PLN dengan periode sebelumnya.

Cara untuk mendapatkan stimulus diskon listrik PLN tersebut juga berbeda.

Untuk jumlah diskon yang diberikan, jika sebelumnya pelanggan listrik kategori 450 VA mendapat diskon 100 persen alias gratis, maka mulai April 2021 diskon yang diberikan menjadi 50 persen.

Melansir Kompas.com, berikut besaran diskon listrik dari PLN untuk periode April-Juni:

  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Baca Juga: Mulai April, Tarif Listrik untuk 2 Golongan Ini Tak Lagi Gratis

Lalu , bagaimana cara terbaru mendapatkan diskon listrik PLN periode April-Juni 2021?

Bagi pelanggan prabayar, diskon tarif listrik ini tidak lagi didapatkan dengan mengeklaim token melalui WhatsApp maupun website www.pln.co.id seperti sebelumnya.

Diskon akan diberikan kepada pelanggan prabayar saat melakukan pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril dalam keterangan resminya yang dilansir dari Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Diskon Tarif Listrik Diperpanjang, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,88 T

Sedangkan untuk pelanggan pasca bayar, diskon diberikan dengan memotong tagihan listrik saat melakukan pembayaran.

“Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen,” ucap Bob.

Sementara untuk pelanggan listrik sosial, bisnis dan industri, pembebasan biaya beban, abonemen dan pembebasan ketentuan rekening minimun, stimulus listrik secara otomatis memotong tagihan rekening listrik.

Adapun potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban atau abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Baca Juga: Catat! Ini Perubahan Diskon Tarif Listrik Mulai April 2021

Meski terdapat perbedaan, PLN meyakini penyaluran stimulus listrik periode bagi masyarakat April-Juni 2021 akan berjalan lancar.

“PLN siap mendukung dan menjalankan keputusan Pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terdampak Covid-19. Karena sifatnya perpanjangan, saya yakin penyaluran akan berjalan lancar,” ujar Bob.

PLN sendiri sejak tahun 2020 hingga sekarang telah memberikan stimulus listrik sebesar lebih dari Rp 17 triliun dengan rincian, Rp 13,15 triliun diberikan kepada 33,02 juta pelanggan selama 2020 dan Rp 4,66 triliun yang diberikan pada Januari-Maret 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x