Kompas TV nasional hukum

Effendi Gazali Jelaskan Keterlibatannya di Kasus Bansos Juliari Batubara

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 22:20 WIB
effendi-gazali-jelaskan-keterlibatannya-di-kasus-bansos-juliari-batubara
Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) Effendi Gazali saat berbincang di program kamar Rosi, Kompas TV (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) Effendi Gazali diperiksa KPK terkait kasus Bansos yang menyeret mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Effendi diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Matheus Joko Santoso.

Termasuk mengkonfirmasi dugaan keterlibatannya dalam proyek pengadaan Bansos yang dilakukan oleh CV Hasil Bumi Nusantara.

Baca Juga: Effendi Gazali Penuhi Panggilan KPK Terkait Korupsi Bansos Covid-19, Ini Penjelasannya

Usai menjalani pemeriksan, Effendi menyatakan dirinya tidak memiliki kaitan dengan proyek Bansos di Kementerian Sosial.

Ia juga tidak mengenal pemilik atau pihak CV Hasil Bumi Nusantara. Dengan tegas Effendi menyatakan dirinya tidak keberatan jika harus berhadapan langsung dengan CV Hasil Bumi Nusantara.

“Saya sudah dipanggil tidak terbukti, tidak ada hubungan dengan CV atau PT apalah itu. Saya tidak pernah menerima aliran dana,” ujarnya di gedung KPK, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Lebih lanjut Effendi menjelaskan, pemeriksaan dirinya lebih kepada seminar eksekutif hasil penelitian Bansos Covid-19 yang dilaksanakan pada 23 Juli 2020.

Baca Juga: Terdakwa Suap Bansos Juliari Batubara Menyebut Kader PDIP Sering ke Ruangannya

Saat itu, seminar dilakukan untuk menstimulasi penyusunan kebijakan publik bidang kesejahteraan sosial khususnya dalam penanganan pandemi darurat Covid-19.

Seminar tersebut diselengarakan Kemensos melalui Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S). Adapun Juliari Batubara hadir sebagai keynote speaker.

“Saya pembawa acara fasilitator, antara lain Ray Rangkuti yang bicara. Kami menyampaikan jangan semua dimakan dewa-dewa, tapi yang kecil ini juga dapat,” ujar Effendi.

Baca Juga: Sidang Kasus Suap Edhy Prabowo, Hakim Pertanyakan Kualifikasi Effendi Gazali Jadi Penasihat di KKP

Panggil Para Dewa

Lebih lanjut Effendi meminta KPK untuk memeriksa pihak lain yang diduga ikut terlibat dalam proyek Bansos tersebut.

Menurutnya KPK harus berani memangil pihak yang dikategorikannnya sebagai dewa-dewa dalam proyek Bansos bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Saya kan sudah dipanggil nih, kalau KPK benar-benar menegakkan keadilan, yang besar-besar kapan dipanggilnya. Saya sudah datang memenuhi panggilan, yang besar-besar kapan,” ujar Effendi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x