Kompas TV nasional sosial

Catat! Ini Syarat dan Cara agar Dapat Bantuan Rp 10 Juta untuk Alumni Prakerja

Kompas.tv - 13 Maret 2021, 12:37 WIB
catat-ini-syarat-dan-cara-agar-dapat-bantuan-rp-10-juta-untuk-alumni-prakerja
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020 (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar baik bagi alumni program Kartu Prakerja Gelombang 1-12 tahun 2020 kini bisa mendapatkan bantuan hingga Rp 10 juta.

Bantuan ini diberikan kepada alumni Prakerja yang berwirausaha usai mendapatkan pelatihan selama Prakerja.

Bantuan ini akan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro yang bisa diakses di sejumlah bank atau lembaga pembiayaan.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 14 akan Terima 600.000 Peserta

Deputi Bidang Koordunasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin mengatakan bahwa terdapat 5.9 orang penerima SK Kartu Prakerja.

Dari jumlah tersebut, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menyebutkan 35 persen penerima Kartu Prakerja tidak bekerja, 17 persen di antaranya telah memilih berwirausaha, Antara melaporkan.

Jadi, terdapat 19.509 alumni Prakerja yang mulai berwirausaha berkesempatan untuk mendapat bantuan tambahan KUR super mikro hingga Rp 10 juta.

Baca Juga: Pelatihan Kartu Prakerja Bakal Dilakukan Offline, Kapan? Ini Bocorannya dari Pemerintah

Rudy Salahuddin mengatakan bahwa bantuan ini dapat dimanfaatkan sebagai tambahan modal untuk menjalan usaha.

"Jika pelaku usaha dari alumni Kartu Prakerja ingjn meningkatkan kuakutas dan skala produksinga maka akan membutuhkan tambahan modal dan program KUR untuk menaikkan skala usaha mereka ke depan," kata Rudy, melansir dari Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x