Kompas TV nasional sosial

Pemprov DKI Ingatkan Warga JPO Bukan Tempat Area Bermain Skateboard dan Sepada

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 21:27 WIB
pemprov-dki-ingatkan-warga-jpo-bukan-tempat-area-bermain-skateboard-dan-sepada
JPO Dukuh Atas yang baru dibangun untuk menghubungkan JPO Dukuh Atas sisi timur dan halte transjakarta Dukuh Atas 2 di Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2018) (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemprov DKI Jakarta meminta kepada para skateboarder tidak bermain papan luncur di jembatan penyeberangan orang (JPO).

Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengingatkan sesuai fungsinya, JPO dibangun dan digunakan untuk pejalan kaki yang akan menyeberang jalan dengan lalu lintas ramai dan lebar, termasuk jalan tol.

Untuk itu, para pengguna JPO dilarang untuk menggunakan skuter, skateboard, sepeda dan sejenisnya di area JPO. Kemudian dilarang merokok di dalam area JPO, melompat serta hal lain yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga: Pemprov DKI Revitalisasi JPO Karet Sudirman Demi Kenang Nakes

“Semua larangan diatas tidak diperkenankan dilakukan, karena selain mengganggu pengguna JPO yang lain, juga dapat merusak fasilitas JPO yang telah dibangun,” tulis peringatan Dinas Bina Marga DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya, Kamis (11/3/2021).

Dinas Bina Marga DKI Jakarta juga mengingatkan Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan ruang bermain yang tersebar di wilayah DKI Jakarta.

“Mari bersama kita bijak dalam menggunakan fasilitas umum sesuai dengan fungsinya, saling menjaga, dan saling mematuhi peraturan yang ada,” tulis Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Sebelumnya, petugas Satuan Polisi Pamong Pradja (Satpol PP) DKI memergok sekelompok orang yang sedang bermain skateboard di Halte Busway dan JPO di dekat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021) malam.

Baca Juga: Heroik! Video Detik-detik Pengemudi Ojol Selamatkan Wanita Hamil Yang Hendak Lompat dari JPO

Ketika hendak ditertibkan, para pemain skateboard itu langsung membubarkan diri dan kabur menghindari petugas.

"Ketika melintas di Jalan Salemba Raya tepatnya depan FKUI, terlihat dua orang pemain skateboard bermain di atas Halte," ujar Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan, Rabu (10/3/2021). Dikutip dari Kompas.com.

Mendapat informasi tersebut, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria meminta kerja sama warga untuk menggunakan fasilitas umum sesuai fungsinya.

Baca Juga: Soal Main Skateboard di Trotoar, Anies Beri Izin Tapi Wagubnya Melarang

"Mari kita bekerja sama menjadi warga yang baik, kita fungsikan sarana prasarana yang ada sesuai dengan peruntukan," ujar Ahmad Riza dalam keterangan suara, Rabu.

Ariza kembali mengingatkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah menyediakan area bermain skateboard.

"Mohon tidak bermain di JPO karena dapat mengganggu, dan tempat-tempat lain yang dilarang,” ujarnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x