Kompas TV nasional peristiwa

Kepala BMKG: Cuaca Ekstrim Masih Terjadi, Hujan Belum Akan Berhenti

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 08:34 WIB
kepala-bmkg-cuaca-ekstrim-masih-terjadi-hujan-belum-akan-berhenti
Ruas jalan nasional Buntu - Sumpiuh, Desa Kedungpring, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, yang lumpuh akibat banjir pada Selasa (17/11/2020). Banjir terjadi karena hujan deras turun semalaman tanpa henti hingga pagi hari. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memprediksi hujan sedang sampai lebat masih akan terjadi di wilayah Jabodetabek. "Pada tanggal 20 ini (Sabtu) hujan masih akan terus turun sore sampai malam. Terutama di kawasan Jabodetabek," kata Dwikorita saat diwawancara Kompas tv, Sabtu (20/2/2021).

Khusus di Jakarta, Menurut Dwikorita, hujan masih akan terus turun pada tanggal 20-21 Februari. Hujan mulai mereda pada tanggal 21, dan kembali meningkat intensitasnya pada tanggal 22-23 Februari hingg bulan Maret. 

Baca Juga: Diguyur Hujan Sejak Pagi, Jalan Kapten Tendean Lumpuh Terendam Banjir

"Meski tanggal 22 turun, tanggal 22-23 kuat lagi. Hujan lebat terpantau di DKI Selatan dan Tenggara," katanya. Untuk Jakarta, kondisi belum normal.

Secara umum, menurut Dwikorita, cuaca ekstrim yang menyebabkan banjir dan hujan lebat masih akan terjadi hingga Maret di seluruh wilayah Indonesia."Cuaca ekstrim silih berganti akan terjadi sampai Maret, April masih tinggi tapi mulai melemah," katanya.

Baca Juga: Wilayah Padat Penduduk dan Jalan di Jakarta Terendam Banjir Akibat Hujan Sejak Dini Hari

Tingkat ekstrimnya mencapai 40-80 persen dibandingkan 30 tahun lalu. 

Dwikorita juga mengaku Pemprov DKI sudah berkoordinasi dengan BMKG. "Tapi kami minta tata kelola air lebih ditingkatkan, penataan tata kelola lebih ekstrim lagi," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x