Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri Sebut PPKM Mikro Terbukti Mampu Menekan Laju Penularan Covid-19

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 19:50 WIB
kapolri-sebut-ppkm-mikro-terbukti-mampu-menekan-laju-penularan-covid-19
Panglima TNI Hadi Tjahjanto tampak menyimak penjelasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat keduanya memantau pelaksanaan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Minggu (31/1/2021). (Sumber: Dok Divisi Humas Polri )
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang diterapkan terbukti mampu menekan laju penularan Covid-19. Berdasarkan hasil evaluasi sementara, Listyo menuturkan angka penularan Covid-19 turun dari angka 13.000 menjadi 8.000.

“Dari hasil evaluasi sementara PPKM Mikro yang ada, dari jumlah 13.000 atau 12.000, saat ini sudah turun menjadi angka 9.000 bahkan 8.000, mudah-mudahan program ini bisa terus kita laksanakan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seusai menggelar Rapat Pimpinan bersama TNI, Senin (15/2/2021).

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit: Dukungan Ulama Penting untuk Jaga Kamtibnas

Jenderal Sigit mengatakan, untuk program PPKM Mikro, Polri menjadikan bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai ujung tombak terdepan. Dengan harapan, betul-betul bisa menjadi pelopor kerja sama dengan linmas, Ketua RT, Ketua RW, dan Lurah untuk melakukan penegakan aturan terkait dengan 3T.

“Sehingga dengan langkah-langkah tersebut penyebaran laju pertumbuhan Covid-19 betul-betul bisa ditekan,” ujarnya.

Baca Juga: Kapolri Sambangi KPK, Listyo Sigit: Kami Sepakat Lakukan Sinergi "Join Investigasi"

Sebelumnya, Listyo menuturkan kegiatan rapim TNI-Polri dimulai dengan pengarahan dari Presiden Jokowi terkait sinergitas dan solidaritas TNI-Polri dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Jadi bagaimana agar Sinergi TNI dan Polri terus dilakukan dalam upaya penanggulangan Covid-19. Seperti yang tadi disampaikannya, yaitu dengan melakukan peningkatan kedisiplinan terkait dengan masalah peraturan protokol kesehatan,” katanya.

Baca Juga: PPKM Mikro Berlaku Hari Ini, Panglima TNI Kerahkan Puluhan Ribu Babinsa Jadi Penegak Disiplin Prokes

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan untuk mendukungan penanganan Covid-19, TNI-Polri sudah menyiapkan ribuan tenaga vaksinator. Hadi menuturkan, rencananya tenaga vaksinator TNI-Polri akan melaksanakan vaksinasi di akhir bulan Februari tahun 2021.

“TNI juga diminta untuk mendukung distribusi vaksin ke seluruh wilayah Indonesia, TNI juga diminta untuk terus memantau pelaksanaan PPKM skala mikro yang berbasis RT dan RW,” ujarnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x