Kompas TV nasional sosial

Klik portal.ltmpt.ac.id atau snmptn.ltmpt.ac.id untuk Daftar SNMPTN, Ini Tahapannya Mulai Sore Nanti

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 10:37 WIB
klik-portal-ltmpt-ac-id-atau-snmptn-ltmpt-ac-id-untuk-daftar-snmptn-ini-tahapannya-mulai-sore-nanti
Ilustrasi proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. (Sumber: laman LTMPT)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sore nanti, 15 Februari 2021, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Dua laman website disediakan bagi mereka yang ingin mendaftarkan dirinya.

Melansir laman LTMPT, pembukaan pendaftaran SNMPTN 2021 sebagaimana disampaikan dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 05/SE.LTMPT/2021 tentang Pembukaan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021. 

Baca Juga: Catat! Ingin Kuliah di PTN, Sore Ini Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka

Dalam SE tersebut juga disebutkan pendaftaran akan dibuka mulai pukul 15.00 WIB pada 15 Februari 2021 dan ditutup 24 Februari 2021 pada jam yang sama.

Adapun pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan melalui portal LTMPT yakni dengan meng-klik https://snmptn.ltmpt.ac.id atu https://portal.ltmpt.ac.id.

Sedangkan syarat mendaftar bagi siswa di SNMPTN 2021 adalah:

- Sudah memiliki akun di LTMPT

- Akunnya sudah permanen

- Termasuk siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah

- Memiliki nilai yang lengkap.

Baca Juga: Simak Nih Hal yang Harus Dilakukan bagi yang Lolos SNMPTN 2020

Berikut ini tahapan pendaftaran SNMPTN usai mengakses laman portal.ltmpt.ac.id atau snmptn.ltmpt.ac.id:

1. Login

Saat login, jika pendaftar tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan berikut: "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021".

Lalu jika Anda memenuhi syarat tapi belum melakukan permanen data pada portal LTMPT, maka akan muncul peringatan untuk melakukan permanen data terlebih dahulu.

2. Profil

Pada halaman profil berisi informasi biodata dari siswa. Seluruh informasi pada kolom "Biodata" diambil dari data yang telah diisikan di portal, seperti nama, NISN, NPSN sekolah, dan asal sekolah.

Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Pada halaman profil, hanya kolom "Kelengkapan Data Orang Tua" saja yang perlu diisikan. Di sana pendaftar harus mengisi informasi "Penghasilan Orang Tua (sudah ada range pilihan penghasilan orang tua), serta "Jumlah Tanggungan Orang Tua".

Baca Juga: Pengumuman SNMPTN 2020 Hari Ini, Berikut 7 Fakta Penting Paling Banyak Diburu

3. Pilihan Prodi

Di tahap ini silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom "Pilihan PTN/Politeknik Negeri", setelah itu akan muncul "Daftar Prodi" yang bisa dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar.

Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x