Kompas TV nasional peristiwa

BNN Gagalkan Penyelundupan Setengah Ton Ganja di Parung, Bogor

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 10:07 WIB
bnn-gagalkan-penyelundupan-setengah-ton-ganja-di-parung-bogor
Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Arman Depari (tengah) (Sumber: BNN)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Badan Narkotika Nasional (BNN) gagalkan penyelundupan setengah ton ganja kering di Kawasan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ganja yang ditemukan polisi dikemas menyerupai lemang untuk mengelabui petugas.

“Kami melakukan penyitaan sekaligus barang bukti narkotika golongan 1 jenis ganja yang datang dari Aceh menggunakan jasa pengiriman kargo. Dan tadi sebenarnya barang ini bersama dengan truknya sempat berhenti di Sentul Selatan, kemudian malam tadi diambil kembali untuk dipindahkan ke daerah kita berada (Parung -red),” kata Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga: Miliki dan Konsumsi Narkotika Jenis Sabu, Anak Wakil Wali Kota Ini Dihukum 8 Bulan Penjara

Arman Depari mengatakan, lokasi di Parung dipilih pelaku sebagai gudang penyimpanan ganja kering asal Aceh sebelum didistribusikan kepada pemesan. Dalam modus operandinya, kata Arman, pelaku mengemas ganja kering dengan cara baru menyerupai lemang.

“Modus operandi untuk menghilangkan kecurigaan petugas, terutama dalam tehnik atau cara packaging itu baru kali ini kita temukan, maka tadi kita juga susah payah membukanya karena dilapisi dengan bermacam-macam bahan dan tujuannya tentu saja untuk mengelabui petugas. Dan ini relatif aman di perjalanan,” ujar Arman.

Baca Juga: BNN Bongkar Puluhan Ribu Narkoba Asal Malaysia, Dikendalikan oleh Napi Lapas Merah Mata Palembang

Arman menuturkan ganja kering yang disita BNN di parung dimasukkan ke dalam tabung paralon kemudian dilem dan diisi dengan air di wadah drum atau gentong. Dalam satu drum, sambung Arman, berisi kurang lebih 60-63 paralon panjang.

“Kalau kita kalkulasi 6 x 63, beratnya kurang lebih 450 kilogram dan mungkin kalau kita totalkan bisa sampai setengah ton,” katanya.

Terungkapnya setengah ton ganja kering di Parung, Bogor, bermula dari penangkapan yang dilakukan tim BNN terhadap dua pelaku pukul 01.00 WIB. Dari penangkapan itu, BNN memperoleh keterangan dan langsung melakukan penggerebekan ke sebuah Gudang di Jalan Raya Parung Bogor. Dalam penggerebekan, ditemukan enam buah drum berisi ganja.

Menurut keterangan Arman Depari ganja kering dalam lemang diduga digerakan dari dalam lapas yang ada di Bogor.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x