Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI dan Kapolri Blusukan ke Pasar, Bicara Masker Jangan Kendor hingga Penegakan Hukum

Kompas.tv - 1 Februari 2021, 06:05 WIB
panglima-tni-dan-kapolri-blusukan-ke-pasar-bicara-masker-jangan-kendor-hingga-penegakan-hukum
Kapolri Jenderal Listo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto ikut membagikan masker saat menyambangi Pasar Tanah Abang Jakarta, Minggu (31/1/2021) (Sumber: Dok Divisi Humas Polri )
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (31/1/2021).

Keduanya blusukan ke Pasar Tanah Abang untuk memantau penerapan protokol kesehatan di lokasi tersebut, khususnya penggunaan masker.

Panglima dan Kapolri juga memberikan masker kepada petugas satuan pengamanan (satpam) di Pasar Tanah Abang.

Baca Juga: Panglima TNI saat Temani Kapolri di Pasar Tanah Abang: Pakai Masker Jangan Sampai Kendor


Hadi mengingatkan pentingnya penggunaan masker saat beraktivitas di luar sebagai salah satu langkah mencegah penularan Covid-19. Termasuk menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan.

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi penggunaan masker akan terus digalakkan dalam satu minggu ke depan. 

“Mudah-mudahan penggunaan masker ini terus bisa dilaksanakan dan jangan sampai kendor,” ucap Hadi, Minggu.

Ia menambahkan, TNI dan Polri akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama secara rutin bahu-membahu mengingatkan warga agar selalu patuh pada protokol kesehatan.

Sementara itu, terkait pengawasan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional, aparat keamanan bekerja sama dengan petugas keamanan pasar untuk mengawasi pengunjung yang datang ke pasar atau pusat perbelanjaan.

"TNI senantiasa mendukung terlaksananya penegakan hukum yang dilakksanakannya oleh Polri demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Hadi.

"Saat ini TNI sedang dan terus melaksanakan penegakan protokol kesehatan di seluruh wilayah Indonesia," sambungnya.

Baca Juga: Tinjau Pasar Tanah Abang, Kapolri dan Panglima TNI Ingatkan Penegakan Prokes

Pada kesempatan yang sama, Sigit menambahkan, setiap hari akan memantau penerapan protokol kesehatan di berbagai pasar yang ada di Jakarta dan Bodetabek.

Polisi juga menyediakan masker yang dititipkan ke petugas keamanan untuk diberikan kepada pengunjung yang tak memakai masker.

Pemantauan dan pembagian masker, kata dia, juga akan dilakukan oleh TNI-Polri di tempat-tempat publik lainnya.

“Saat ada masyarakat yang berkunjung di pasar, baik pasar tradisional maupun modern, stasiun dan tempat-tempat yang menjadi mobilitas dan interaksi tinggi maka edukasi, pemberian masker, sekaligus ada kegiatan-kegaitan lain akan terus kami lakukan,” ujar Sigit.

Setelah dari Pasar Tanah Abang, Panglima TNI dan Kapolri memantau kedisiplinan bermasker pengunjung Pasar Jatinegara, Jakarta Timur.

Baca Juga: Dikunjungi Kapolri Listyo Sigit, Panglima TNI: Sinergitas TNI-Polri Modal untuk Menjaga NKRI

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x