Kompas TV nasional viral

Soal Hasil Swab Antigen Negatif Tanpa Tes, Dokter Tirta: Jangan Alesan Human Error!

Kompas.tv - 30 Januari 2021, 13:13 WIB
soal-hasil-swab-antigen-negatif-tanpa-tes-dokter-tirta-jangan-alesan-human-error
Dokter Tirta turut mengomentari kasus hasil swab negatif tanpa tes yang kini viral. (Sumber: Kolase Instagram/@dr.tirta & TikTok @jessicasugiharta)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang menampilkan tiga surat hasil swab antigen dengan hasil negatif viral.

Pasalnya, hasil negatif swab antigen tersebut dikeluarkan tanpa tes terlebih dahulu. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @jessicasugiharta, terlihat tiga orang remaja perempuan di dalam mobil yang memperlihatkan hasil swab tersebut negatif.

"Kita belum di swab kok udah keluar hasilnya," tulis si pembuat video.

Video yang berlokasi di Covid-19 Test DRIVE-THRU, Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, ini juga dikomentari oleh Tirta Mandira Hudi melalui akun Instaramnya @dr.tirta, kemarin Jumat (29/1/2021).

Melalui unggahan tersebut, Tirta mengomentari alasan terjadinya hasil swab antigen tanpa tes yang disebut klinik terkait sebagai human error.

“Mosok hasil swab antigen bisa keluar tanpa test? Dan dikatakan human error ketika di kritik? Oknum yg mengluarkan harus d selidiki! Jangan alesan human error,” ujar Tirta.

Baca Juga: Deteksi Covid-19, China Mulai Gunakan Metode Swab Anal

Melalui unggahan tersebut, Tirta juga mengimbau pihak berwajib untuk melakukan penyelidikan.

“Oknum yang mengeluarkan harus diselidiki!,” tegasnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cipeng | TIRTA (@dr.tirta)

Menurutnya, kejadian tersebut tidak bisa dibenarkan dan menuntut klinik terkait untuk segera mengeluarkan klarifikasi resmi serta mencari oknum yang membuat surat hasil swab antigen tersebut.

Pembuat video yang pada saat itu masih berada di lokasi swab antigen langsung menanyakan kepada pihak klinik dan sudah mendapatkan layanan swab antigen.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x