Kompas TV nasional peristiwa

Buku Induk Sekolah Mengungkap Masa Lalu Kapolri Sebagai Anak Perwira AU

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 12:48 WIB
buku-induk-sekolah-mengungkap-masa-lalu-kapolri-sebagai-anak-perwira-au
Tangkapan kamera buku induk sekolah  Kapolri Jenderal Lsityo Sigit (sumber:istimewa)
Penulis : Iman Firdaus

 JAKARTA, KOMPAS.TV- Beredar tangkapan kamera dari buku sekolah SMA 8 Jogjakarta. Dalam buku yang terlihat sudah menguning itu, terlihat sederet foto siswa,  nomor induk, alamat dan  jurusan.

Yang menarik, terpampang nama Listyo Sigit P yang beralamat di Lanud Adi Sutjipto Blok P-1 Yogyakarta. Dengan nomor induk 2147, Listyo duduk di kelas III A.1.2. Kelas ini sangat mungkin menunjukkan jurusan yang diambil yaitu fisika (A1). Ketika itu jurusan di SMA dibagi dalam empat jurusan, yaitu A1 untuk fisika, A2 Biologi, A3 IPS dan A4 Bahasa.

Baca Juga: Sertijab Kapolri Baru, Idham Azis: Jenderal Listyo Mampu Buat Polri Lebih Baik

Sementara mengenai alamat yang berada di Komplek Lanud Adisucipto, menunjukkan Listyo berasal dari keluarga angkatan udara. "Betul, Pak Kapolri yang baru dilantik (Listyo Sigit) merupakan putra personel Angkatan Udara," kata Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, kepada wartawan, Rabu (27/1). Nama orang tuanya adalah  Mayor Sutrisno, yang dulu bertugas di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.


Buku Induk sekolah tersebut juga menuliskan jenjang pendidikan selanjutnya setiap anak. Di sana terulis "Akpol" pada kolom Listyo, yang menunjukkan dia melanjutkan pendidikan ke Akademi Kepolisian.

Baca Juga: Kapolri Baru, Momentum Reformasi Polri

Sementara pada siswa lain, juga tertera "UPN" , "UGM" dan "Atmajaya".

Jenderal Listyo Sigit Prabowo lulus dari Akpol pada tahun 1991. Karirnya dimulai dari  Pamapta di Polrestro Tangerang, kemudian pernah menjabat Kapolres Pati dan Kapolres Solo, Jawa Tengah.

Namun, karirnya melesat setelah dipercaya sebagai ajudan Presiden Jokowi selama dua tahun sebelum diangkat menjadi  Kapolda Banten, Kadiv Propam, dan Kabareskrim Polri. Hingga dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi pada Rabu (27/1/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x